Wahana Persiapkan Guru dan Siswa SMK Terbaik Hadapi Kontes Nasional 2024

DAPURPACUID – PT Wahana Makmur Sejati (WMS) bakal mengutus perwakilan guru dan siswa SMK binaannya mengikuti Astra Honda Skill Contest for Vocational School 2024.

Langkah persiapan secara intensif terus dilakukan main dealer sepeda motor wilayah Jakarta-Tangerang itu, yang kelak akan memilih guru dan siswa SMK terbaik ikut dalam kontes tersebut.

Guru dan siswa SMK terpilih yang mengikuti kontes itu tersaring melalui babak final regional wilayah Jakarta-Tangerang, di Wahana Training Center Jatake, Tangerang, 27–29 November lalu.

Pada babak final ini diikuti enam guru dan 12 siswa SMK binaan PT Astra Honda Motor (AHM) di wilayah Jakarta dan Tangerang yang berada di bawah jaringan PT WMS.

Head of Technical Service Department PT WMS, Benedictus F Maharanto memaparkan bahwa perusahaan cukup serius mencari yang terbaik dari 56 SMK binaan di wilayah Jakarta-Tangerang.

“Penyaringan ketat kami lakukan untuk menjadi perwakilan Jakarta dan Tangerang terbaik di tingkat nasional,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Rabu (13/12).

Baca juga:  AHM dan Wahana Makmur Sejati Edukasi Teknologi Honda EM1 e: ke 56 SMK

Benedictus menambahkan, seleksi tahap I diikuti oleh 112 siswa dan 56 guru dari 56 SMK. Jumlah tersebut kembali diperkecil melalui seleksi pada tahap ke II.

“Jumlah siswa yang lolos (tahap II) adalah 35 orang, sedangkan jumlah guru tercatat 20 orang. Pada akhirnya yang mengikuti final Kontes SMK regional wilayah Jakarta-Tangerang tersisa enam guru dan 12 siswa,” jelasnya.

Materi Kontes

Selama tiga hari kontes final terdapat tiga materi uji yang diberikan, yaitu teori, praktik kerja dan pemecahan problem teknis produk Honda (troubleshooting).

Pemenang nantinya akan mengikuti Kontes SMK Tingkat Nasional yang akan digelar oleh AHM awal 2024 mendatang, dimana tiga siswa dan satu guru yang menjadi perwakilan Jakarta-Tangerang.

“Untuk menghadapi kontes SMK tahun depan, kami melakukan seleksi lebih ketat. Kami juga melakukan pembinaan selama satu bulan dengan metode berbeda demi merebut juara nasional,” tutup Benedictus.

Baca juga:  Wahana Makmur Sejati Dukung Mudik Aman dan Nyaman Bersama Polri

Kontes untuk jurusan Teknik Sepeda Motor ini menyajikan hadiah menarik dan beasiswa pendidikan. Ajang ini sekaligus menjadi pembuktian kemampuan guru dan siswa di kancah nasional.

Penyerahan piala berlangsung dalam Sarasehan PT AHM & SMK Binaan PT AHM wilayah Jakarta-Tangerang Tahun 2023 dan Awarding Juara Skill Kontes Siswa & Guru SMK Tingkat Regional Jakarta-Tangerang Tahun 2024.

Acara tersebut berlangsung di salah satu SMK binaan Wahana Honda yaitu di SMK Jaya Buana, Kabupaten Tangerang, Selasa (12/12) lalu. [dp/TH]

Berikut para pemenang Kontes SMK Regional Jakarta-Tangerang 2023:

Kategori siswa:
1. Surya Chandra (SMKN 8, Kabupaten Tangerang)
2. Alfiza Putra Nusantara (SMKN 12, Kabupaten Tangerang)
3. Dennis Haryudanto (SMKN 34, Jakarta)

Kategori guru:
1. Deden Yoesup Maulana (SMKN 8, Kabupaten Tangerang)
2. Bayu Rachmad Maulana (SMK Excellent I, Tangerang)
3. M. Syukron Mudatsir (SMK Yuppentek II)

Previous articlePenjualan Ritel Daihatsu Gapai 179 Ribu Unit Lebih per November 2023
Next articleMitsubishi XForce Mulai Didistribusikan di Bandung dan Surabaya