Toyota Umumkan Karya Terbaik TDCAC 2024, ini Pemenangnya

DAPURPACUID – Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan para pemenang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) 2024, yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Kamis (2/4).

Berlangsung di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, Bandung, Jawa Barat, even yang sudah memasuki penyelenggaraan ke-17 ini mengusung tema ‘Dare to Dream: Let’s Change the Future of Cars’.

Pada ajang ini, para peserta yang terdiri dari anak-anak Indonesia berusia 8 – 15 tahun ini berlomba-lomba menciptakan desain mobilitas impian unik, penuh fantasi, kreatif, inovatif dan penuh warna.

Mengusung tema peduli lingkungan dan sosial, di setiap gambar yang dihasilkan ‘wajib’ berbeda dari mobil-mobil yang ada saat ini, sebagai solusi masalah lingkungan dan sosial di masa depan yang sarat akan empati anak.

Ajang TDCAC 2024, peserta dibagi dalam tiga kategori usia, yaitu peserta berusia di bawah 8 tahun, usia 8-11 tahun dan usia antara 12-15 tahun.

Nantinya pemenang terpilih dari masing-masing kategori akan dibawa untuk berkompetisi lagi tingkat global di Jepang. Sebagai informasi, TDCAC menjadi agenda rutin Toyota sejak digulirkan di dunia pada 2004.

Baca juga:  Tumbuhkan Minat Baca, Wahanaartha Ritelindo Salurkan 500 Buku

Vice President Director TAM, Henry Tanoto mengatakan, TDCAC merupakan implementasi salah satu pilar aktivitas CSR Toyota Indonesia di bidang pendidkan, yaitu Toyota Berbagi Ilmu, dimana fokus mengembangkan kemampuan berpikir kreatif anak-anak Indonesia.

“Sekaligus menumbuhkan empati dan kepedulian atas masalah lingkungan dan sosial, serta mewujudkan jalan keluar dalam bentuk mobility solution yang inovatif, canggih, kreatif dan out-of-the-box,” tandasnya.

Sejak digulirkan pertama kali hingga penyelenggaraan ke-17 (2023-2024), alumni TDCAC telah melampaui 8 juta anak-anak di seluruh dunia, termasuk dari Indonesia.

Saat ini TDCAC tidak hanya fokus pada lomba menggambar. Bersama alumni dan para stakeholders pendidikan, Toyota Indonesia juga menghadirkan rangkaian program secara berkelanjutan, seperti Fun Education, Inspiring Art Competition, dan Empowering Community.

Pada gelaran TDCAC 2024 terdapat lebih dari 7.000 artworks dari 29 Provinsi yang dikirimkan, meningkat dibanding tahun sebelumnya 6.161 artwork dari 23 Provinsi.

Dari jumlah itu, tersaring 2.648 desain mobilitas impian yang lolos seleksi oleh tim juri. Selanjutnya, dipilih lagi 100 karya dari tiap kategori (total 300 karya).

Tim juri kemudian memilih 10 besar masing-masing kategori, berikutnya dipilih tiga pemenang di tiap kategori lomba yang diumumkan beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Tumbuhkan Minat Baca, Wahanaartha Ritelindo Salurkan 500 Buku

President Director TAM, Hiroyuki Ueda mengajak masyarakat termasuk anak-anak, untuk peduli terhadap isu lingkungan dan sosial.

“TDCAC menyediakan kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk membagikan ide mengenai future mobility yang dapat mengatasi isu lingkungan dan sosial versi mereka,” ujarnya.

“Kami berharap TDCAC ke-17 dapat memotivasi dan menginspirasi lebih banyak anak Indonesia mencurahkan perhatiannya dalam menghadirkan mobilitas yang mendukung aktivitas generasi mendatang yang berkelanjutan,” pungkasnya. [dp/TH]

Daftar Pemenang Lomba Toyota Dream Car Art Contest ke-17

Kategori 1 (di bawah 8 tahun):
1. Sienna Arielle Kedna (7) / Bandung, Jawa Barat / Mobil Pembawa Kehangatan
2. Eleandra Zefanya Marjorie (7)/ Depok, Jawa Barat/ Trash Cleaner & Fish Hospital Car
3. Alecia Anindya Maheswari (7/ Malang, Jawa Timur / Mobil Eco Enzym

Kategori 2 (usia 8—11 tahun):
1. Albert Ryan (10) / Jakarta Utara, Jakarta / Toyota Mobilitas Untuk Semua
2. Alya Martha Satriani (11) / Bengkulu, Bengkulu / Stork Car Detecting Water Springs
3. Talia Tirza (9) / Surabaya, Jawa Timur / Happy Hospital Car

Baca juga:  Tumbuhkan Minat Baca, Wahanaartha Ritelindo Salurkan 500 Buku

Kategori 3 (usia 12—15 tahun):
1. Damion Deven (15) / Surabaya, Jawa Timur / P3TRUCK (Provision-Promotion-Prosperity Truck)
2. Hilmi Susilo Wahyudi (13) / Jakarta Utara, Jakarta / Toyota Peace Car
3. Anindya Nakesha Zara (14) / Bengkulu, Bengkulu / Mobil Perawatan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa)

Special Awards TDCAC ke-17

Special Awards merupakan penghargaan khusus yang pemenangnya dipilih langsung oleh PD dan VPD PT TAM. Terdapat 2 orang pemenang yaitu:

1. Best Inspirational Award
Diberikan kepada karya yang mempunyai ide orisinal dan pesan yang kuat mengenai harapan tentang mobil impian. Penghargaan diberikan kepada:
Alecia Anindya Maheswari (7) / Malang, Jawa Timur / Mobil Eco Enzym

2. Best Indonesia Theme
Diberikan kepada karya yang mempunyai karakter khusus dan keunikan yang mewakili kebudayaan Indonesia. Penghargaan diberikan kepada:
Alya Martha Satriani (11) / Bengkulu, Bengkulu / Stork Car Detecting Water Springs

Selain menerima hadiah berupa dana pendidikan, piala, dan sertifikat khusus, pemenang juga akan mewakili Indonesia pada kontes TDCAC tingkat global di Jepang, bersaing dengan karya-karya dari 75 negara lain di dunia.

Previous articleKonsep Modif Good Looking & Simple Wuling Air ev ala Tomi Airbrush
Next articleSimak Kesuksesan Wuling di Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia