Presiden Jokowi Kagum Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

DAPURPACUID – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyempatkan diri berkunjung ke pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, JIExpo Kemayoran, Jumat (3/5) sore.

Presiden Jokowi mengunjungi beberapa anjungan peserta mulai dari NEU, Keeway EV, BYD, Mobil Anak Bangsa (MAB), PT PLN (Persero). Termasuk melihat jajaran produk di area pameran Asiabike di Hall A.

Usai puas berkeliling, Presiden memberikan apresiasinya atas digulirkannya kembali pameran khusus kendaraan ramah lingkungan untuk ketiga kalinya tersebut.

Menurutnya, melalui PEVS tidak hanya menyediakan kendaraan listrik yang lengkap tapi juga membantu program pemerintah dalam percepatan transisi energi di Indonesia.

“Saya melihat ada banyak jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor hingga mobil, bahkan bis dan truk juga ada,” ucap Jokowi setelah berkeliling di pameran PEVS 2024.

Jokowi optimis Indonesia akan memiliki ekosistem kendaraan listrik sendiri di masa depan. Pasalnya, dari sisi produksi Indonesia masih memiliki potensi yang sangat besar.

Baca juga:  Dibanderol Rp1,6 Miliar Lebih, MG Cyberster Bisa Dipesan di GIIAS 2024

Dia juga membocorkan informasi bahwa sesaat lagi Indonesia akan segera memiliki pabrik industri baterai yang akan mulai berproduksi pada bulan depan.

“Dan kalau melihat misalnya kaya kendaraan listrik, sepeda motor listrik itu kita punya kapasitas 1,6 juta per tahun. Sekarang baru terisi yang terproduksi di sini baru kurang lebih 100 ribu saja.”

“Artinya masih ada peluang yang sangat besar sekali. Kedua, bulan depan itu ada yang namanya pabrik industri baterai yang sudah mulai berproduksi, jadi kita harapkan ekosistem ini segera terbangun,” jelas Jokowi.

PLN Janjikan Tambah Outlet Pengisian Baterai

Dalam kunjungannya ke booth PLN, Presiden Jokowi yang langsung disambut Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo, mendapat pemaparan tentang kesiapan perusahaan dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Darmawan menginformasikan, hingga kini PLN bersama mitra telah menyediakan sebanyak 1.370 unit outlet Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), yang terpasang di 948 titik di seluruh Indonesia.

Baca juga:  Omoda E5 Pure, Perkuat Penguasaan Pasar Mobil Listrik di Indonesia

PLN juga telah mengoperasikan 9.886 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan 2.182 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU), yang terhubung dengan jaringan dengan PLN.

Perusahaan ‘plat merah’ ini juga melakukan inovasi dengan mengembangkan 2.000 unit SPKLU pada tiang listrik eksisting yang tersebar di seluruh Indonesia.

Darmawan juga mengatakan kepada Presiden bahwa PLN juga telah menghadirkan aplikasi PLN Mobile, yang di dalamnya terdapat platform EV Digital Services (EVDS).

‘Melalui fitur ini masyarakat mudah mengetahui lokasi charging station terdekat, melakukan pemantauan transaksi pembelian listrik, menggunakan layanan Home Charging, layanan test drive hingga membeli kendaraan listrik,” ujar Darmawan.

Pameran PEVS 2024 masih menyisakan satu hari lagi, yakni Minggu (5/5), yang mulai dibuka pukul 10.00 s/d 20.00 WIB, cukup dengan harga tiket Rp50.000. [dp/TH]

Previous articleBegini Sensasi Menarik di Balik Kemudi Wuling Cloud EV
Next articleHonda Sonic Club Bandung Gelar Musyawarah Periode 2024-2026