DAPURPACUID – Sepanjang GIIAS 2024 (18-28 Juli) lalu, lini mobil Honda berhasil diminati pengunjung hingga membukukan angka pemesanan (SPK) sebanyak 1.816 unit.
Jumlah tersebut hampir menyamai jumlah pemesanan yang Honda di GIIAS tahun lalu, meski secara umum pasar otomotif sedang mengalami penurunan penjualan di tahun ini.
Dari jumlah ini, Honda Brio series mampu mencatatkan penjualan tertinggi hingga mencapai 800 unit, atau 43 persen dari keseluruhan penjualan Honda di GIIAS 2024.
Diikuti lini SUV Honda yang terdiri dari Honda HR-V dengan 386 unit, Honda WR-V dengan penjualan 344 unit, Honda BR-V sebesar 164 unit dan Honda CR-V sebanyak 109 unit.
Sebagai catatan, seluruh angka penjualan ini merupakan pemesanan yang dilakukan di booth Honda selama GIIAS 2024 berlangsung dan telah memenuhi prosedur administrasi dengan booking fee.
Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengakui angka pemesanan dicapai tahun ini hampir setara dengan hasil pada GIIAS 2023.
“Ini menunjukkan perbaikan terhadap permintaan konsumen, meski pasar otomotif secara umum sedang mengalami penurunan dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya,” jelas Yusak.
Menurutnya, pencapaian ini juga mulai berdampak positif terhadap penjualan Honda khususnya di wilayah Jakarta, di mana pada bulan ini mencatat peningkatan pemesanan sekitar 20 persen dibanding bulan sebelumnya.
“Kami optimis realisasi dari pemesanan di GIIAS tahun ini akan kembali terlihat dalam angka retail kami di awal semester kedua ini,” imbuh Yusak dalam siaran resminya.
Secara nasional, pasar otomotif di Indonesia sepanjang Januari hingga Juni 2024, mencatat penjualan retail sebesar 431.987 unit, atau turun sekitar 14 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.
Honda sendiri mencatat penjualan retail lini produknya sebanyak 51.681 unit di tahun ini, dimana Brio dan model-model SUV Honda menjadi tulang punggung penjualan.
Di sisi lain, berdasarkan data yang dihimpun oleh penyelenggara GIIAS 2024, terjadi peningkatan jumlah pengunjung pada seri pembuka pameran otomotif itu dibandingkan tahun sebelumnya.
Hal ini tentunya berdampak terhadap meningkatnya minat konsumen terhadap produk-produk otomotif. Seperti diketahui, selama 12 hari pameran GIIAS sebanyak 475.084 orang telah mengunjungi venue.
Sementara berdasarkan perhitungan dari internal Honda, terdapat peningkatan jumlah pengunjung ke anjungan Honda sebesar 13 persen jika dibandingkan GIIAS 2023.
Tak hanya itu, pihak Honda juga meraih penghargaan pada kategori Favorite Special Exhibit Car pilihan pengunjung GIIAS 2024 untuk Honda e:N1.
HPM sendiri berencana memperkenalkan mobil listrik pertama Honda ini sekaligus mulai menjualnya di Indonesia pada tahun 2025 mendatang. [dpid/TH]