Best People Contest, Cara Auto2000 Uji Kompetensi Kinerja Aftersales-nya

DAPURPACUID – Sebagai upaya meningkatkan kompetensi garda terdepan dalam melayani konsumen, Auto2000 kembali menggelar ajang Best People Contest (BPC) 2024, Minggu (25/8).

Berlangsung di cabang Auto2000 Bekasi Timur, kompetisi ini mempertemukan mekanik-mekanik terbaik Auto2000 di seluruh Indonesia yang sudah digelar sejak 2000 silam.

Babak final dilaksanakan sejak 23 Agustus, dan melombakan lima kategori sesuai segmennya masing-masing, mulai dari Service Advisor, Foreman, Partsman, THS – Auto2000 Home Service, dan Teknisi General Repair.

Mengusung tema ‘Level Up Victory’, BPC merupakan bagian dari wujud kinerja aftersales Auto2000 untuk memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan bagi para pemilik mobil Toyota di Indonesia.

Hal itu diamini oleh Chief Marketing Auto2000, Yagimin bahwa kompetisi ini merupakan bukti komitmen untuk melakukan peningkatan kualitas SDM secara berkelanjutan.

Melalui kontes inilah, lanjut Yagimin, Auto2000 terus berusaha meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, khususnya yang berperan langsung dengan kebutuhan purna jual atau servis mobil pelanggan.

Menurutnya, para mekanik merupakan wajah perusahaan yang harus memiliki skill teknis sesuai standar Toyota global, berjiwa problem solver, memahami kebutuhan pelanggan plus dilengkapi kemampuan komunikasi yang memadai.

“Kompetensi global mekanik sebagai ujung tombak layanan, diharapkan dapat meningkatkan dan menjaga loyalitas pelanggan yang mempercayakan perawatan mobilnya kepada kami,” imbuhnya.

Kebutuhan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pelanggan, ditingkatkan dengan berbagai pelatihan soft dan hard skill secara berjenjang kepada tim aftersales Auto2000.

Pembinaan yang dilakukan dengan meng-upgrade skill dan kompetensi para mekanik terkait kecakapan melayani pelanggan, kemahiran teknis, digitalisasi layanan, serta pengetahuan teknologi terkini seperti kendaraan elektrifikasi (xEV).

Untuk meningkatkan level of competitiveness dan melihat seberapa andal petugas aftersales di posisinya masing-masing, Auto2000 mengadakan kontes tingkat nasional yang menguji SDM dari seluruh cabang Auto2000 di Indonesia.

Para pemenang nantinya akan mewakili Auto2000 di kontes diler Toyota tingkat nasional yang diadakan rutin setiap tahun oleh Toyota-Astra Motor, sebagai APM Toyota di Indonesia.

Sebelumnya, sekitar 3000-an lebih kontestan telah berlaga di tingkat cabang untuk didapatkan 550-an kontestan untuk berkompetisi di tingkat nasional tahap pertama.

Selanjutnya, didapat 130 kontestan untuk bersaing di tahap kedua, hingga akhirnya didapatkan 30 finalis dari 5 kategori tersebut untuk berlaga kembali di putaran pamungkas.

Di babak akhir, seluruh kontestan harus melewati serangkaian pengujian kembali baik secara teori, praktek hingga role play yang ketat dan diawasi juri kompeten. [dpid/TH]

Daftar Pemenang Auto2000 Best People Contest 2024

Kategori GR Technician
1. Edo Aldriansyah – Auto2000 Bekasi Barat
2. Deni Mustika – Auto2000 Bandung Cibiru
3. Gilang Maulana – Auto2000 Soekarno-Hatta

Kategori Service Advisor
1. Putra Suprayogi – Auto2000 Lenteng Agung
2. Adi Jatmiko – Auto2000 Jember
3. Deni Rizki – Auto2000 Cibinong

Kategori Partsman
1. Tri Mulyanto – Auto2000 Kelapa Gading
2. Hari Wibowo – Auto2000 Puri Kembangan
3. Ade Trisno – Auto2000 Cikampek

Kategori Foreman
1. Jhony Asmara – Auto2000 Pramuka
2. I Komang K – Auto2000 Denpasar
3. M. Nurul – Auto2000 Balikpapan Sudirman

Kategori THS – Auto2000 Home Service
1. Nurul Huda – Auto2000 Garuda
2. Sidik Sunarto – Auto2000 Jayakarta
3. Rizkie Maulana – Auto2000 Bekasi Timur

Previous articleLantian Juan Raih Tahta Juara Umum Trial Game Dirt 2024 Seri Ketiga
Next articleNGK Busi Indonesia Ajak Ratusan Bikers Kunjungi Parjo 2024