DAPURPACUID – Ajang kompetisi antar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan otomotif, Tekiro Mechanic Competition 2025, resmi dimulai pada bulan ini.
PT Altama Surya Anugerah melalui brand Tekiro, merek alat perkakas otomotif di Indonesia, terus menggulirkan ajang itu sebagai bentuk dukungan pada bidang vokasi, khususnya industri otomotif.
Tujuan utama dari kompetisi ini yaitu menginspirasi generasi muda dalam bidang teknik otomotif, mengasah keterampilan teknis dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dunia kerja.
Bersamaan dengan diumumkannya ajang Tekiro Mechanic Competition 2025, pihak Tekiro juga melakukan kegiatan roadshow sosialisasi ke sejumlah SMK di Pulau Jawa.
“Ajang tahunan ini merupakan wujud dari komitmen perusahaan dalam mendukung perkembangan dunia otomotif di Indonesia, sekaligus implementasi kegiatan CSR perusahaan,” ujar Hery, Marketing Department Head Tekiro.
Hery memaparkan, jumlah peserta yang mengikuti ajang tersebut terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada 2024, jumlah siswa yang mendaftar mencapai 58.886 orang dari 377 sekolah.
Angka tersebut meningkat lebih dari 300 persen dari tahun sebelumnya. Untuk 2025 mendatang, Tekiro menargetkan sebanyak 60.000 siswa yang mendaftar dari 500 SMK di seluruh Indonesia.
Kompetisi direncanakan dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu babak penyisihan yang akan digelar secara daring pada Maret mendatang guna menentukan 30 SMK terbaik.
Bagi sekolah yang lolos akan diundang mengikuti babak Semifinal dan Final yang dijadwalkan digelar pada 26-27 April 2025, di kantor pusat Tekiro di Jakarta.
Pada babak tersebut dirancang untuk menguji berbagai aspek keahlian para siswa dari hasil penerapan belajar di sekolah, antara lain:
1. Diagnostik Mesin: Peserta diminta untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah teknis pada kendaraan;
2. Pengukuran dan Perbaikan: Peserta diuji dalam kemampuan mengukur standarisasi part engine dan memperbaiki sistem kelistrikan pada kendaraan;
3. Kreativitas dan Inovasi: Penilaian terhadap solusi inovatif yang diterapkan peserta dalam menyelesaikan tantangan teknis.
Tekiro Mechanic Competition tak hanya sekadar lomba, juga ajang mengasah kemampuan, memperluas jaringan dan meraih kesempatan di dunia kerja. Nantinya para peserta akan memperebutkan berbagai hadiah menarik seperti :
– Piala bergilir dan trofi Tekiro Mechanic Competition;
– Uang tunai dengan total hingga ratusan juta rupiah;
– Peralatan otomotif dan bengkel merek Tekiro;
– Free pass menjadi karyawan perusahaan ternama;
– Sertifikat.
Pendaftaran telah dibuka sejak kegiatan Roadshow digelar hingga 28 Februari 2025. Untuk sekolah yang ingin berpartisipasi dapat mendaftar melalui Contact Center Tekiro Mechanic Competition di nomor 0821-1320-5162.
Ajang ini didukung oleh berbagai pihak seperti institusi pendidikan, Dinas Pendidikan dan merek-merek pendukung industri otomotif seperti Eneos Oil, Planet Ban, Bengkel B-Quik, Kampas Rem Bendix dan Otoproject.
“Ajang ini juga diharapkan bisa mendorong inovasi dalam penyelesaian masalah teknis kendaraan, sekaligus menginspirasi generasi muda berkarier di bidang otomotif,” ujar Novitasari, Brand Marketing Manager Tekiro.
Hadirnya lagi Tekiro Mechanic Competition diharapkan para siswa SMK jurusan otomotif dapat lebih bersemangat untuk belajar, berinovasi dan mengembangkan potensi mereka.
Selain itu, melalui kompetisi ini juga diharapkan menjadi langkah awal menuju masa depan industri otomotif Indonesia yang lebih cerah. [dpid/TH]