Suzuki Akhiri 2024 Dengan Pertumbuhan Penjualan Positif

DAPURPACUID – Suzuki berhasil mencatatkan peningkatan penjualan lini modelnya pada Desember 2024 lalu hingga sebesar 10 persen, dibanding bulan sebelumnya.

Pada bulan itu, penjualan Suzuki membukukan angka sebanyak 6.722 unit dari sebelumnya hanya 5.605 unit. Jumlah ini turun dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu 7.402 unit (data wholesales Gaikindo).

Lonjakan ini dikontribusi dari lima produk unggulan yang secara konsisten memenuhi kebutuhan konsumen, sekaligus mempertegas posisi Suzuki sebagai merek otomotif pilihan keluarga Indonesia.

Di sisi lain berdasarkan data Gaikindo, untuk penjualan wholesales (pabrik ke diler) Suzuki sepanjang tahun lalu mencapai 66.809 unit, turun dibandingkan 2023 sebanyak 81.057 unit.

Department Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales, Randy R. Murdoko mengaku Desember terus menjadi momen spesial bagi industri otomotif. Selain menutup penjualan tahunan, bulan itu juga menunjukkan tren peningkatan signifikan.

Baca juga:  Jutaan Masyarakat Lebih Yakin Perawatan di Beres Suzuki

“Kombinasi kebutuhan konsumen akan kendaraan dengan memanfaatkan bonus akhir tahun, liburan panjang dan banyaknya promo yang dihadirkan untuk memfasilitasi kebutuhan itu, membuat Suzuki mencapai peningkatan penjualan ritel secara positif,” imbuhnya.

Secara detail, All New Ertiga dan New XL7 berhasil mencatatkan peningkatan penjualan dibanding bulan sebelumnya. Rinciannya, Ertiga naik 37 persen dan XL7 melonjak 20 persen dengan pertumbuhan tahunan mencapai 11 persen.

Popularitas kedua model produksi dalam negeri favorit konsumen ini didukung kenyamanan berkendara, serta ruang kabin fleksibel yang ideal untuk keluarga.

Kemudian Grand Vitara yang mencatatkan peningkatan penjualan ritel sebesar 23 persen dibanding bulan sebelumnya, serta mencatat peningkatan tahunan hingga 89 persen.

Suzuki Baleno juga berhasil membukukan pertumbuhan tahunan hingga 42 persen. Peningkatan ini diklaim berkat kombinasi tampilan atraktif, fungsionalitas dan efisiensinya.

Tak kalah menarik, Suzuki Jimny 5-door yang baru dihadirkan melengkapi varian 3-door, mampu memberi kejutan besar dengan peningkatan penjualan ritel 169 persen dibanding tahun lalu.

Baca juga:  Jutaan Masyarakat Lebih Yakin Perawatan di Beres Suzuki

Untuk rangkaian produk hybrid Suzuki yaitu All New Ertiga Hybrid, New XL7 Hybrid dan Grand Vitara berhasil mendominasi keseluruhan kendaraan penumpang Suzuki sebesar 58 persen pada Desember 2024.

Ditengah tren kendaraan ramah lingkungan, Suzuki terus memperkuat eksistensi pada segmen hybrid berkat suguhan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Varian hybrid Suzuki mengedepankan efisiensi bahan bakar tanpa mengorbankan performa, menjadikannya produk unggulan yang ideal bagi keberlanjutan para konsumen Indonesia.

Randy menambahkan, keberhasilan penjualan menjadi pijakan solid bagi Suzuki untuk terus menghadirkan inovasi yang relevan dengan kebutuhan gaya hidup konsumen Indonesia.

“Kami yakin tren positif serupa akan berlanjut hingga 2025. Suzuki siap menghadapi tantangan baru dan memperkuat posisinya di segmen MPV maupun SUV di Tanah Air,” pungkasnya. [dpid/TH]

Previous articlePaduan Mudah Mengingat Jadwal Perawatan Mobil ala Suzuki
Next articleIni Risiko Jika Per CVT Motor Matic Melemah