DAPURPACUID – Toyota berhasil menutup ajang Indonesia International Motor Show 2025, dengan perolehan angka pemesanan unit (SPK) positif selama 11 hari pameran.
Pada even yang berlangsung 13 – 23 Februari itu, anjungan Toyota mampu membukukan 2.728 SPK dari berbagai model, dimana kendaraan jenis Multi Purppose Vehicle (MPV) mendominasi.
Bila dibandingkan dengan gelaran IIMS 2024, pencapaian SPK di 2025 ini terjadi peningkatan hingga 7,4 persen, dari sebelumnya memperoleh sebanyak 2.540 SPK.
Hasil ini diklaim didorong oleh lonjakan penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV), memperlihatkan tingginya kepercayaan pelanggan terhadap produk Toyota, khususnya mobil hybrid produksi lokal.
“Peningkatan ini kami yakini karena harganya kompetitif, paling relevan, dan mudah diaplikasikan di masa transisi energi,” tutur Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.
Salah satu model yang paling banyak mendapatkan antensi tinggi dari konsumen dan para pengunjung yaitu jenis Hybrid Electric Vehicle (HEV), Kijang Innova Zenix Hybrid.
Model yang diproduksi secara lokal di Indonesia itu mampu mengumpulkan total 614 SPK. Disusul Avanza dengan 335 SPK dan diikuti Rush di posisi ke-3 dengan 216 SPK.
Selanjutnya ada Kijang Innova Zenix Gasoline mengikuti di urutan ke-4 dengan 181 SPK, serta Innova Reborn mendapatkan 174 SPK, sehingga berada di posisi ke-5.
Henry mengapresiasi antusiasme pelanggan terhadap produk-produk Toyota di IIMS 2025, terutama terhadap kendaraan elektrifikasi seperti Kijang Innova Zenix Hybrid yang kembali mendominasi SPK.
Dukungan pemerintah lewat pemberian insentif pajak, serta persiapan libur lebaran semakin meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan.
“Pencapaian ini merupakan sinyal positif bahwa industri otomotif terutama Hybrid akan terus bergerak naik sejalan trend mobilitas ramah lingkungan, sekaligus mendorong roda perekonomian karena diproduksi di dalam negeri,” tambahnya.
Disebutkan, Medium MPV ini menarik perhatian berkat teknologi modern, serta DNA Toyota Kijang yang tetap terjaga dalam fungsionalitas, ketangguhan dan keandalannya.
Model hybrid Toyota menggabungkan efisiensi bahan bakar, performa optimal dan teknologi ramah lingkungan, yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di Tanah Air.
Selain itu, model tersebut dibangun di atas all new platform dengan obyektif untuk meningkatkan kualitas berkendara, baik dari sisi comfort, handling dan safety.
Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy memaparkan, peningkatan minat terhadap kendaraan ini salah satunya didorong kebijakan pemerintah memberikan insentif PPnBM 3%, sehingga harganya lebih kompetitif.
“Perhelatan IIMS 2025 berdekatan pula dengan momen libur Lebaran, sehingga merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan solusi mobilitas baru sekaligus memulai gaya hidup ramah lingkungan,” tutup Anton.
Di sisi lain, beberapa model Toyota juga dianugerahi penghargaan dari pihak penyelenggara IIMS 2025, yaitu Agya yang meraih Best City Car, Hilux Rangga – Favorite Commercial Vehicle dan Alphard – Best Premium MPV. [dpid/TH]