BMW Indonesia Resmikan Body & Paint Training Center di Tangerang

DAPURPACUID – BMW Indonesia menggandeng BMW Ultima resmi membuka pusat pelatihan perbaikan bodi dan pengecatan baru yang berlokasi di area Serpong, Tangerang (24/3).

Bahkan, fasilitas Body & Paint Training Center yang bertempat di diler BMW Ultima menjadi yang pertama di Asia Tenggara. Training Center ini berfokus pada pembelajaran langsung (hands-on).

Disebutkan, pusat pelatihan tersebut diklaim penting karena adanya tempat ini, pengetahuan teknis tetap berada di dalam negeri sehingga teknisi tak perlu lagi dikirim ke luar negeri untuk mengikuti pelatihan.

Selain itu, dengan adanya pusat pelatihan tersebut merupakan kesempatan jalur karier bagi anak muda Indonesia, yang memiliki minat besar di bidang teknologi otomotif.

Pusat pelatihan ini berfokus pada pembelajaran langsung menggunakan peralatan dan perlengkapan yang sama, seperti yang digunakan di pusat layanan resmi BMW AG, Jerman.

Sehingga setiap lulusannya tidak hanya tahu bagaimana cara melakukan perbaikan maupun mengecatan mobil BMW, tapi juga tahu mengapa setiap langkah itu penting.

Hal itu ditegaskan oleh President Director BMW Group Indonesia, Peter ‘Sunny’ Medalla yang mengatakan, pihaknya akan selalu menempatkan pelanggan sebagai prioritas utama.

Melalui dibukanya pusat pelatihan Body and Paint Center pertama ini, lanjut Peter, pihaknya membangun sistem dukungan yang siap membantu kapan pun dan di mana pun dibutuhkan.

“Ini bukan sekadar bengkel—melainkan tempat di mana kami menghidupkan kembali kendaraan BMW dengan ketelitian dan perhatian yang sama seperti saat pertama kali dirakit.”

“Di mana pun pelanggan kami berada di kota-kota besar, mereka akan mendapatkan perhatian terhadap detail yang sama untuk menjaga mobil BMW atau MINI mereka dalam kondisi terbaik,” jelas Sunny.

Untuk selanjutnya, BMW Indonesia juga memperluasnya sekaligus mengoperasikan fasilitas serupa di Pulo Gadung, Jakarta Timur; Surabaya; serta Medan, Sumatera Utara.

Pusat pelatihan ini menegaskan komitmen BMW Indonesia untuk mengembangkan sumber daya lokal dan memastikan setiap teknisi yang menangani kendaraan BMW atau MINI, telah menerima pelatihan berstandar internasional.

Melalui investasi tersebut BMW Indonesia tidak hanya meningkatkan kualitas layanan, tetapi juga menciptakan lapangan kerja terampil dan mendukung ekosistem otomotif Indonesia.

Tak hanya itu, para teknisi tak sekadar memperbaiki kerusakan, mereka mengembalikan kondisi mobil ke spesifikasi pabrikan, memastikan standar keselamatan terbaik.

Di sisi lain, Managing Director BMW Ultima, Rudy Kusmanto mengaku bangga dilernya yang berlokasi di Serpong, Tangerang sebagai satu-satunya Approved Body & Paint Center di Indonesia dijadikan Training Center pertama di Asia Tenggara.

Menurutnya, pusat pelatihan ini sangat penting bagi Indonesia. Sebab, adanya tempat ini pengetahuan teknis tetap berada di dalam negeri, sehingga teknisi tidak perlu lagi dikirim ke luar negeri untuk pelatihan.

Kedua, pusat ini membuka jalur karier bagi anak muda Indonesia yang memiliki minat besar di bidang otomotif. Ketiga, pusat ini menempatkan Indonesia sebagai pusat teknis untuk seluruh kawasan regional.

“Setiap lulusan tidak hanya tahu bagaimana cara memperbaiki BMW, tetapi juga mengapa setiap langkah itu penting,” tandas Rudy, di tempat yang sama.

Perkenalkan Remote ISTA

Tak hanya itu, BMW Indonesia juga mengenalkan terobosan baru pada layanan purna jualnya kepada para konsumen melalui Remote Diagnosis Service (Remote ISTA).

Diklaim hadirnya teknologi yang disingkat RITA tersebut layaknya memiliki teknisi BMW profesional yang selalu mendampingi konsumen ke manapun bepergian.

Saat lampu peringatan menyala atau terdengar suara yang tak biasa, RITA memungkinkan teknisi terhubung langsung ke kendaraan Anda dari jarak jauh.

Untuk kemudian teknologi ini akan mengakses data diagnostik secara instan—tanpa perlu kunjungan awal ke bengkel. Adapun fitur ini memiliki fungsi yakni:

– Membaca pesan Check Control dan melakukan pemesanan suku cadang jika diperlukan;
– Menemukan penyebab masalah pada kendaraan tanpa harus dibawa ke bengkel;
– Melakukan pembaruan perangkat lunak tertentu dari jarak jauh;
– Memberikan panduan langsung apakah kendaraan aman untuk terus dikendarai;
– Menjadwalkan janji servis berdasarkan data aktual kendaraan. [dpid/NS]

Previous articleBegini Cara Aman dan Nyaman Hadapi Arus Balik Mudik Lebaran
Next articleJelang Lebaran, Jasa Marga Catat 1,7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabotabek