DAPURPACUID – Menutup kuartal pertama tahun ini dalam kondisi industri otomotif yang menantang, Daihatsu mampu membukukan penjualan ritel sebanyak 36.917 unit.
Secara bulanan, penjualan Daihatsu pada Maret 2025 juga mengalami kenaikan dengan volume sebanyak 13.111 unit, naik 4,9 persen dibanding bulan sebelumnya sebesar 12.501 unit.
Pada saat yang sama, pasar otomotif Nasional selama tiga bulanan hingga Maret catatkan raihan sekitar 210 ribu unit, sehingga market share penjualan ritel Daihatsu mencapai 17,5 persen.
Dari jumlah distribusi ke konsumen itu, Daihatsu mencatat tiga model menjadi kontributor terbesar pencapaian itu, yakni Sigra, Gran Max Pick Up (PU) dan Terios.
Model LCGC MPV 7-seater andalan Daihatsu ini menyumbangkan penjualan sebanyak 11.594 unit atau berkontribusi sebesar 31 persen sepanjang periode tersebut.
Sementara posisi kedua dihuni produk komersial ringan Gran Max PU sebanyak 9.596 unit sebesar 26 persen, serta Terios sejumlah 4.439 unit atau sekitar 12 persen.
Sedangkan sisanya yang terdiri dari Daihatsu Ayla, Rocky dan juga New Sirion mencatatkan 11.318 unit tanpa disebutkan secara rinci perolehannya.
Marketing and Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani mengatakan, pencapaian positif ini didukung momentum lebaran karena menjadi waktu tepat bagi masyarakat melakukan pembelian kendaraan baru.
“Kami berkomitmen terus menyediakan produk sesuai kebutuhan masyarakat, khususnya bagi mereka yang ingin memiliki mobil pertama,” tambahnya disela temu media, Rabu (16/4) lalu.
Seperti diketahui, selama periode bulan Ramadhan kemarin, Daihatsu menawarkan beragam promo diantaranya DAIFIT (Daihatsu Idul Fitri) yang berlangsung hingga 30 April 2025.
Program ini juga memberikan hadiah menarik bagi para pelanggan yang beruntung dengan kesempatan hadiah umroh untuk sembilan orang pemenang.
Terdapat juga program servis khususnya bagi pelanggan yang belum sempat servis kendaraan lebih dari 12 bulan lewat promo istimewa ‘Daihatsu Car Check Up 2025’.
Program ini meliputi pengecekan gratis dan paket servis dengan harga terjangkau sampai 30 Juni. Berikutnya program Sehati (Second Hand Activation), khusus pemilik mobil bekas Daihatsu.
“Kami mengapresiasi kepercayaan pelanggan terhadap Daihatsu. Kami berkomitmen memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada pelanggan,” ujar Tri Mulyono, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation. [dpid/TH]