Astra dan Toyota Perkuat Kemitraan di Bisnis Mobil Bekas

DAPURPACUID – Astra dan Toyota memperkuat dan memperluas kolaborasi pada bisnis mobil bekas (used car) di Indonesia, melalui kemitraan di PT Astra Digital Mobil (ADMO).

Kolaborasi ini menambah tonggak sejarah dalam kemitraan yang terus berlanjut antara Astra dan Toyota. Termasuk memudahkan pelanggan membeli kendaraan baru dan bekas melalui program trade-in.

Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro mengatakan, pasar mobil bekas di Indonesia sebagian besar masih terfragmentasi, sehingga memiliki potensi besar menciptakan nilai dalam skala yang juga besar.

Menurut Djony, pihaknya secara berkelanjutan melakukan optimalisasi terhadap bisnis inti, sekaligus aktif berinvestasi pada bisnis yang memiliki skala yang dapat ditingkatkan dan peluang pertumbuhan yang tinggi.

“Kemitraan ini memperkuat komitmen kami untuk berinovasi, memberikan aksesibilitas dan solusi mobilitas terpercaya bagi masyarakat Indonesia,” imbuhnya dalam siaran resmi, Selasa.

Seperti diketahui, saat ini ADMO memiliki dua lini bisnis pada sektor berbeda, yaitu OLX.co.id, salah satu platform iklan baris digital jual beli barang bekas dan jasa di Indonesia.

Lalu ada OLXmobbi, lini bisnis mobil bekas menggunakan model online-to-offline, memiliki lebih dari 30 store dan inspection center yang tersebar di 10 kota besar di Tanah Air.

Deputy Chief Executive Officer Toyota Motor Asia (TMA), Hao Quoc Tien mengakui Astra merupakan mitra terpercaya, dan TMA bangga dapat memperluas kolaborasi lebih jauh melalui kemitraan ini.

“Kami yakin dapat melanjutkan komitmen yang sudah dijalankan selama lebih dari 50 tahun, untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia melalui kemitraan ini,” tandasnya.

Sebagai informasi, TMA telah membeli 40 persen saham di ADMO melalui pembelian saham baru dan saham existing, dengan nilai total US$120 juta atau sekitar Rp2 triliun.

Setelah transaksi ini terjadi, Astra melalui PT Astra Digital Internasional tetap memiliki kontrol atas ADMO dengan kepemilikan saham sebesar 60 persen.

Dengan memanfaatkan ekosistem otomotif Grup Astra yang komprehensif serta teknologi dan jaringan luas yang dimiliki Toyota, ADMO dapat memodernisasi sektor mobil bekas.

Termasuk memperluas akses bagi pelanggan di Indonesia dalam mendapatkan kendaraan berkualitas, layanan pembiayaan, asuransi dan layanan purnajual di seluruh Indonesia.​

Sejalan dengan tren makro yang lebih luas seperti ekonomi sirkular, keterjangkauan, dan digitalisasi, kemitraan ini juga membuka sebuah peluang strategis.

Dengan struktur biaya yang lebih rendah, jangkauan pasar lebih luas, dan meningkatnya permintaan konsumen terhadap mobil bekas, OLXmobbi berada pada posisi yang baik untuk dapat menjadi mobility enabler terdepan. [dpid/TH]

Previous articleCan-Am Boyong Motor Listrik Bergaya Adventure ke Indonesia
Next articleWuling Tembus 200an SPK Selama PEVS 2025, ini Model Terlaris