
DAPURPACUID – Toyota kembali buktikan keunggulan layanan purnajualnya dengan meraih The Best Aftersales Service Award 2025, di ajang Carvaganza Editors’ Choice Award.
Diraihnya penghargaan ini menjadi bukti pengakuan sekaligus memperkuat posisi Toyota sebagai brand yang tak hanya unggul dalam produk, tapi juga menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Lewat pendekatan Beyond Services, Toyota tidak hanya menyediakan servis kendaraan biasa. Brand ini menghadirkan solusi mobilitas menyeluruh lewat jaringan layanan aftersales yang terus dikembangkan.
Pengembangan yang dilakukan mulai dari fasilitas bengkel bersertifikasi, layanan on-demand, hingga ekosistem kendaraan elektrifikasi (xEV) yang semakin lengkap.
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Jap Ernando Demily mengatakan, pihaknya melihat layanan purna jual bukan sekadar urusan servis rutin kendaraan.
“Ini adalah bagaimana kami menjawab kebutuhan pelanggan secara menyeluruh dan relevan dengan perkembangan zaman,” tutur Ernando dalam siaran resminya, Selasa (22/9).
Didukung oleh 359 jaringan bengkel resmi hingga ke tingkat kecamatan, Toyota telah memastikan mobilitas pelanggan tetap terjaga kapan dan di mana pun.
Seluruh workshop telah dilengkapi teknisi tersertifikasi dan suku cadang asli Toyota yang bergaransi, memastikan standar kualitas tetap terjaga tinggi.
Toyota juga menghadirkan layanan Toyota Mobile Service (TMS) untuk servis berkala dan perbaikan ringan langsung di lokasi pelanggan. Termasuk layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) yang siaga 24 jam dalam kondisi darurat.
Sebagai alternatif, tersedia pula OtoXpert, bengkel umum yang beroperasi di bawah standar resmi Toyota dan tetap memberikan jaminan suku cadang asli. Saat ini, ada 40 bengkel OtoXpert yang tersebar di berbagai kota besar.
T-OPT hadir sebagai opsi suku cadang berkualitas dengan harga lebih terjangkau. Pelanggan dapat membeli produk-produknya di Toyota Part Shop Partner dan bengkel OtoXpert.
Solusi Elektrifikasi dan Ekosistem xEV Lengkap
Melalui strategi Multi Pathway, Toyota terus memperluas pilihan kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Untuk mendukungnya, TAM membangun ekosistem xEV yang matang.
Termasuk charging spot gratis di 113 diler resmi, 4 area publik serta di sejumlah rest area dan mal besar. Jumlahnya pun terus ditambah seiring meningkatnya adopsi mobil listrik.
Bukan hanya soal infrastruktur, Toyota juga menyediakan layanan Hybrid Health Check guna memastikan kondisi baterai EV tetap prima. Sementara itu, garansi baterai kendaraan elektrifikasi diberikan hingga 8 tahun atau 160.000 km.
Untuk memberi kenyamanan lebih kepada para pelanggan selain fasilitas dan layanan aftersales, Toyota tidak berhenti dengan menghadirkan program T-CARE.
Program ini membebaskan biaya servis berkala hingga servis ke-7 (maks. 4 tahun/50.000 km), ditambah extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 km, jika pelanggan rutin servis di bengkel resmi.
Selain itu, melalui aplikasi mToyota, pelanggan juga dimudahkan dalam melakukan pemesanan servis, memantau progres, hingga pengingat otomatis sesuai histori dan kebiasaan pengguna.
Toyota melalui jaringan bengkel resmi di seluruh Indonesia, akan memberikan perbaikan atau penggantian komponen yang termasuk dalam skema warranty yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak secara gratis.
Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Hiroyuki Oide menuturkan, dengan Toyota Mobility Solution, praktis biaya perawatan sangat efisien dan fokus pada operasional harian.
Menurutnya, perawatan dan perbaikan kendaraan yang disediakan bersama jaringan value chain, menjangkau pelosok wilayah dan memberikan dukungan pada segala jenis kendaraan, termasuk elektrifikasi.
“Pelanggan cukup fokus berkendara, urusan perawatan kami yang tangani. Semoga apresiasi ini dapat menginspirasi agar terus melakukan pengembangan layanan aftersales secara berkelanjutan,” pungkasnya. [dpid/TH]