Airlangga: Dunia Otomotif Melekat Erat Pada Jokowi


JAKARTA (DP) – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto turut serta membuka pameran IIMS 2018 di JIExpo Kemayoran mendampingi Presiden RI Joko Widodo. Pujian pun mengalir usai Jokowi mengelilingi seluruh anjungan peserta, terutama di ranah motor-motor modifikasi.

Menurut Airlangga, Presiden Jokowi dapat dikatakan sebagai orang nomor satu di Indonesia pertama yang banyak mengendarai beragam moda transportasi selama memimpin.

“Pertama kali dalam sejarah, kita melihat ada truk nomor pelatnya RI 1. Juga ada motor RI 1, yang terakhir adalah custom-made bike RI 1,” kata Airlangga di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4).

Tidak hanya itu, Airlangga menuturkan bahwa dalam sejumlah kunjungan kerjanya di daerah, Jokowi kerap kali mengendarai beragam moda transportasi, salah satunya adalah truk.

Dua merek truk yang pernah dikendarai Kepala Negara kala meresmikan jalan bebas hambatan (tol), yakni Hino dan Mitsubishi Fuso. Pelat nomor ‘RI 1’ pun tersemat pada dua truk tersebut. Sementara seorang anggota Paspampres hanya mendampinginya dan duduk di kursi penumpang.

Baca juga:  Jangan Salah Pilih, Ini Warna Toyota C-HR Paling Dicari

Tak kalah viral adalah kala Jokowi menunggangi motor trail ‘Kepresidenan’ merek Kawasaki saat berkunjung ke Papua tahun lalu. Di sana, mantan Wali Kota Solo ini mengecek langsung pembangunan jalan Trans Papua yang didampingi oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Satu lagi moda transportasi yang tak kalah ‘nyentrik’ dikendarai oleh Jokowi, yaitu motor custom bergaya chopperland, hasil kolaborasi rumah modifikasi Kick Ass Chopper dan Elders Garage.

Motor berbasiskan Royal Enfield ini awalnya hanya digunakan di sekitar Kompleks Istana Kepresidenan di Bogor. Tapi belakangan sepertinya Jokowi mulai penasaran untuk menggunakannya di luar Istana. Akhirnya motor tersebut ‘keluar kandang’ saat melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi beberapa waktu lalu.

Dengan sederetan moda transportasi yang telah dilabeli ‘RI 1’, ini cukup menggambarkan sosok Jokowi dan otomotif begitu erat. Airlangga pun meyakinkan para pengusaha otomotif, terutama industri lokal, untuk tidak usah khawatir terhadap usahanya pada era persaingan global saat ini.

Baca juga:  Ultah ke-50 di Australia, Honda Tebar Produk Berkilau Emas

“Jadi bagi para industriawan otomotif, jangan khawatir karena hati Pak Presiden ada di sektor ini,” tutup Airlangga. (dp/TR)