All New Suzuki Ertiga Bakal Recoki Xpander dan Rush


JAKARTA (DP) – Di tengah hiruk pikuk perbincangan tentang Mitsubishi Xpander dan Toyota Rush di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, muncul sosok All New Suzuki Ertiga yang memiliki performa mirip-mirip dengan dua nama yang disebutkan pertama tadi.

Kehadiran low MPV berlogo ‘S’ ini memang tengah ditunggu-tunggu khalayak pengunjung IIMS, karena ini menjadi world premier bagi Ertiga. Artinya, publik Tanah Air menjadi saksi mata pertama di dunia yang melihat peluncuran model yang dikembangkan di India ini.

Suzuki Ertiga generasi kedua ini resmi diperkenalkan kepada publik di sela perhelatan IIMS 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4). Dibandingkan dengan generasi pertama, new Ertiga lebih panjang 99 mm, lebih lebar 40 mm, dan lebih tinggi 5 mm. Tetapi ukuran wheelbase masih tetap sama, yakni di angka 2.740 mm.

Untuk tampilan depan, new Ertiga kini tampak lebih mewah dan modern berkat penggunaan gril heksagonal berlapis krom, yang diapit dua lampu utama sipit projector, dan kisi-kisi bumper berkelir hitam. Tampang makin keren dengan keberadaan lower grille berdesain baru yang berpadu dengan rumah lampu kabut bergaris tajam.

Baca juga:  Kencan Singkat Bersama Toyota C-HR, Kesannya...

Dibandingkan Ertiga lawas, generasi terbaru ini memiliki overhang belakang lebih panjang, sehingga memberikan ruang bagasi lebih lapang. Sektor belakang semakin seksi berkat penerapan efek atap melayang mirip milik Mitsubishi Xpander, dengan pilar D di bagian atas berwarna hitam dengan tarikan garis menyatu hingga kaca belakang.

Untuk peleknya masih mengandalkan ring ukuran 15 inci yang dibalut ban berukuran 185/65 R15. Bentuk lampu belakang LED yang menyerupai huruf ‘L’ juga sekilas serupa dengan milik Xpander. Kedua lampu belakang itu tersambung dengan panel plastik berlapis krom yang posisinya tepat di atas dudukan pelat nomor. Bentuk bumper belakang juga memiliki desain baru.

Untuk kabinnya tak terlalu mewah layaknya Xpander. Hanya saja, desain lingkar kemudi lumayan menarik dengan disisipi ornamen bernuansa kayu. Tuas perseneling juga lebih modern guna menutupi kekurangan dari kenop AC yang terlalu sederhana. Cup holder yang pada Ertiga lama terdapat di bawah kisi AC sebelah kiri, kini berpindah ke konsol tengah, tepat di depan tuas perseneling. Asyiknya, dua cup holder yang menyatu itu dilengkapi dengan kisi-kisi untuk menyemburkan udara dingin dari AC, sehingga bisa menjaga kesegaran minuman dingin. Penempatan layar infotainment berlayar sentuh di Ertiga baru lebih menonjol keluar, dibandingkan versi lawas yang tertanam di dashboard.

Baca juga:  Pertamina Umumkan Program BEP Periode I di Tangerang

Nah, beralih ke performa mesinnya, Suzuki Ertiga 2018 mengusung mesin baru K15B 1.5L VVT empat silinder yang menghasilkan tenaga 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Mesin anyar ini menggusur mesin lama K14B 1.4L VVT empat silinder yang hanya bertenaga 92 PS dan torsi 130 Nm. Untuk sistem pemindah dayanya ada pilihan 5 speed manual dan 4 speed otomatis. Dengan besaran tenaga new Ertiga yang sama dengan para rivalnya, yakni Rush, Xpander dan Daihatsu Terios, boleh dibilang Ertiga bisa menjadi kambing hitam dalam persaingan di segmen low MPV Tanah Air. (dp/TR)