Motor Kustom Milik Anak Jokowi jadi Pusat Perhatian Pengunjung IIMS


JAKARTA (DP) — Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat (19-29/4), selain menampilkan deretan mobil dan motor baru, juga menyuguhkan motor dan mobil kustom.

Diantara deretan motor kustom, cafe racer full fairing berwarna kombinasi biru muda dan putih, yang membuat dapurpacu.id penasaran untuk mendekatinya.

Apalagi motor tersebut ternyata milik Gibran Rakabuming Raka, putera  pertama dari Presiden Jokowi.

Gibran tertarik membuat motor modikasi beraliran cafe racer full fairing, setelah melihat postingan Instagram dari Rich Richie.

“Dari awalnya yang hanya ‘komen-komenan’, sampai akhirnya berlanjut ke WhatsApp untuk membicarakan lebih serius soal modifikasi motor,” ungkap Eko Sutanto dari Rich Richie Ride & Garage.

Eko, bujangan ini menceritakan bahwa, basic motor Honda CB125 tahun 1974 yang dibawa Gibran dalam kondisi mati. “Saya mau modifikasi yang modelnya kayak gini,” cerita Eko menirukan Gibran yang menunjuk pada foto postingan motor modifikasi bergaya motor balap klasik.

Baca juga:  Uniknya Donasi DAM Untuk Masyarakat di Bandung

Tak banyak basa-basi, ketika konsep sudah cocok pengerjaan kustom dimulai dengan memotong rangka belakang, lalu dibikin ulang menyesuaikan dengan bodi model buntut tawon, yang menjadi ciri khas cafe racer.

“Saya lupa ukuran diameter dan tebal pipa seamless, yang dipakai untuk sasis belakang, pokoknya sasis belakang saya potong sampai dudukan tangki, lalu bikin ulang untuk menyesuaikan dudukan buntut tawon,” beber Eko.

Kelar urusan buritan, Eko melanjutkan pekerjaannya dengan membuat tangki bahan bakar, yang dibikin ulang dengan menggunakan bahan galvanis yang tebalnya 1,6 mm. Bahan dengan ketebalan yang sama juga dipakai, untuk membuat bodi belakang.

Dengan tangki dan bodi belakang made in Eko yang sudah terpasang, kesan cafe racer sudah mulai terlihat. Agar aura retro semakin kental, Eko membuat fairing dengan model motor balap zaman dulu. Fairing tersebut dibikin, dengan bahan galvanis yang tebalnya 1,2 mm.

Baca juga:  Jokowi: Ekspor Toyota Indonesia Jaga Kejatuhan Rupiah

Setelah bodi semua terpasang, modifikator berusia 28 tahun ini tidak puas dengan kaki-kaki bawaan CB125, biar tampilannya terlihat gagah. Maka dipilihlah sokbreker copotan Honda Tiger Revo, sementara lengan ayunnya handmade yang terbuat dari pipa seamless.

Nah, sekarang tinggal proses pengecatan. Untuk urusan cat, Gibran tidak mau kompromi, tanpa memberi tahu alasannya putra Joko Widodo yang jadi pengusaha ini, ingin motornya warna biru muda, dengan angka 69 pada bagian samping fairingnya.

“Untuk cafe racer ini berbeda dengan motor chopper yang dipakai oleh Presiden Jokowi, karena Gibran hanya ingin memajangnya saja,” terang Eko. [dp/Hml]