Honda Gold Wing yang Dipegang Jokowi Dibanderol Rp1 Miliar Lebih | dapurpacu.id

Honda Gold Wing yang Dipegang Jokowi Dibanderol Rp1 Miliar Lebih


JAKARTA (DP) – Sudah menjadi tradisi, bagi pejabat negara yang hadir dalam acara pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS), akan berkunjung ke booth-booth peserta pameran. Kali ini Presiden Joko Widodo melakukan ‘ritual’ serupa.

Hal itu dilakukan Kepala Negara usai membuka secara resmi perhelatan IIMS 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4). Pameran otomotif tahunan ini akan berlangsung pada 19 hingga 29 April 2018 mendatang.

Salah satu booth peserta pameran yang dikunjungi Presiden Jokowi adalah milik PT Astra Honda Motor (AHM). Di booth AHM, kepala negara asal Solo yang sedang menjadi ‘Anak Motor’ ini begitu santai melihat produk-produk motor yang dipajang.

Dari sekian banyak motor yang dipajang, Jokowi sempat serius melihat-lihat Honda Gold Wing, yang sebelumnya sempat diperkenalkan secara resmi kepada publik.

Bahkan Honda Gold Wing yang dibekali mesin 1800cc berpendingin cairan 6 silinder yang dipasang secara horizontal berlawanan itu dinilai Jokowi cocok untuk dipakai oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres).

Honda Gold Wing anyar ini menggunakan frame twin-spar aluminium yang dilas menggunakan robot, dengan pelat yang memiliki ketebalan baru dan dipasangkan dengan struktur pivot-area baru. Frame dan swingarm baru ini berhasil mereduksi bobot motor, sehingga jika dikombinasikan dengan titik rendah gravitasi dan pemusatan massa, dapat berkontribusi signifikan terhadap kelincahan dari motor bongsor ini.

Untuk menunjang kenyamanan berkendara, Honda Gold Wing mengadopsi sistem suspensi depan double-wishbone baru dan peredam shock depan serta belakang racikan Showa. Aspek kenyamanan semakin sempurna berkat konfigurasi suspensi belakang Pro-Link® dengan reaksi progresif, sehingga suspensi serta preload bisa diatur secara elektronik.

Sistem pengereman pun telah ditingkatkan melalui pemasangan kaliper depan, serta rotor yang lebih besar, yaitu 320mm. Model ini juga menggunakan sistem pengereman C-ABS yang diatur secara elektronik, yang berfungsi untuk mendistribusikan gaya pengereman ke roda depan dan belakang.

Motor dengan konsep ‘The Honda Premium Tourer’ dilengkapi fitur canggih dan bergengsi, seperti sistem throttle-by-wire (TBW) yang memiliki 4 mode pengendaraan (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control yang dapat disetel untuk kenyamanan maksimal pengendaranya.

Nah, motor yang pernah dipegang-pegang Jokowi ini secara resmi dipasarkan  oleh AHM dengan harga Rp1.010.000.000 (OTR Jakarta).[dp/Hml]