Royal Enfield Himalayan, Motor Enduro Pecinta Turing Sejati


JAKARTA (DP) – Setelah cukup lama digembar-gemborkan bakal hadir di Tanah Air, akhirnya Royal Enfield Indonesia resmi memboyong Himalayan di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, JIExpo Kemayoran, Kamis (19/4). Motor yang dirancang bagi para petualang dan pecinta turing ini dipasarkan dengan banderol Rp 93 juta OTR Jakarta.

Dapat dikatakan, seluruh pengalaman menjelajahi gunung tertinggi di India, Himalaya, selama 60 tahun tertuang jelas pada motor enduro tersebut. Desain ground-up dipadu tenaga mumpuni dari mesin tipe LS 410 baru, diklaim memberikan warna baru untuk pecinta ‘aspal merah’ di Indonesia.

“Himalayan adalah motor yang dirancang khusus dan mudah dibawa kemana-mana, yang akan mendefinisikan ulang turing petualangan di India,” jelas Country Manager Royal Enfield Indonesia, Irvini Edwardly, disela-sela peluncuran di IIMS 2018 Jiexpo Kemayoran.

Motor ini dibekali mesin single cylinder 4 stroke air cooled SOHC dengan sistem pembakaran injeksi. Berkapasitas murni 411 cc dengan rasio kompresi 9,5:1, tenaga yang dihasilkan mencapai 24,5 hp dan torsi puncak 32 Nm pada putarann 4.250 rpm.

Baca juga:  Ekspor CBU TMMIN Melorot di Caturwulan Pertama 2019

Proporsi tubuhnya pun terbilang ‘asyik’. Dengan jarak jok ke tanah 800 mm, tentu dibutuhkan tinggi badan minimal 175 cm agar bisa nyaman menungganginya. Ground Clearance Himalayan berukuran 220 mm diklaim mampu mengatasi segala medan jalan.

Dibangun pada rangka cradle split duplex kasar yang dirancang dan dikembangkan oleh Harris Performance, memastikan Himalayan tetap stabil dan lincah. Kenyamanan berkendara pun makin terjamin dengan dipasangkannya suspensi depan telescopic berukuran 41 mm fork dengan travel 200 mm.

Sementara di belakang menggunakan monoshock with linkage dengan wheel travel 180 mm. Berkat komposisi tersebut, motor ini diklaim mampu menempuh jarak 10.000 km sebelum dilakukan servis berkala, jelas ini merupakan salah satu pembuktian Himalayan merupakan motor bagi para petualang sejati.[dp/MT]