Mau Tampilan Mazda3 Ala Balap? Body Kit JGTC Bisa Membantu


TAIPEI (DP) – Dari ‘sononya’ tampang Mazda3 sudah begitu seksi dan menggoda setiap mata yang memandang. Jadi wajar jika tak banyak pemilik Mazda3 yang melakukan ubahan tampilan pada tunggangan mereka.

Tapi bila ada yang ingin Mazda3 miliknya berbeda dengan yang lain, di Taiwan ada sebuah rumah modifikasi bernama JGTC yang mengembangkan body kit ala balap untuk Mazda3. Apa saja body kit yang ditawarkan JGTC ini, apakah mirip punya Liberty Walk atau Rocket Bunny?

Tahap pertama adalah melihat tampilan depan Mazda3 yang sudah dipasangi body kit JGTC. Ubahan paling mencolok di sektor depan adalah gril yang berlabur kelir hitam dan rumah lampu yang diberi lis juga berwarna hitam. Sebagian bumper terlihat masih mempertahankan versi standar, tapi sudah didekorasi sedemikian rupa, termasuk ditambahkan lips pada bagian bawah bumper yang memanjang dari sisi kanan ke kiri hingga melengkung ke spakbor depan.

Baca juga:  Mazda Jaring SPK 1.079 Unit Selama GIIAS 2018

Untuk menekan downforce, dibuatkan spoiler warna putih berukuran lumayan besar yang terpasang di pintu belakang. Beberapa winglet ukuran kecil berwarna hitam juga terpasang di bawah lampu depan, yang gunanya untuk mengalirkan angin dari depan.

JGTC juga membuatkan fender berukuran besar untuk keempat spakbor Mazda3, sehingga bodi mobil terlihat lebar dan ceper khas mobil balap. Untuk menunjang kestabilan, Mazda3 racikan JGTC menggunakan suspensi udara dan dipadukan dengan velg ekstra lebar.

Tampilan belakang sepertinya lebih menggoda ketimbang sisi lainnya, berkat penempatan tiga elemen penunjang aerodinamika, yakni sayap ekstra lebar dan spoiler di atas lampu belakang. Tampilan balap juga mengarah ke bagian bawah mobil, dengan keberadaan diffuser berdimensi besar, yang dapat memberikan tekanan pada Mazda3 sehingga mendapatkan daya cengkeram ban lebih baik.

Sama seperti garapan para tuner Jepang, proyek JGTC ini juga mengandalkan moncong knalpot berbahan titanium. Untuk dapur pacunya belum berhasil dikuak, tapi diharapkan ada sentuhan baru untuk mendongkrak performa Mazda3 ini.

Baca juga:  Xpander vs Avanza, Gagah di Awal Loyo di Akhir Ronde?

bagi Anda pemilik Mazda3 di Tanah Air yang kepincut dengan body kit racikan JGTC, Anda bisa mengunjungi website mereka di alamat www.jgtc.com.tw untuk bertanya-tanya atau memesannya. [dp/TGH]