Penuh Drama, Lewis Hamilton Menangi GP Azerbaijan


BAKU (DP) – Lewis Hamilton merebut podium pertama di Grand Prix Azerbaijan, Minggu (29/4), dari rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas, yang harus mundur dari balapan di lap terakhir akibat kempes ban.

Kemenangan Hamilton tersebut sebenarnya tidak disangka-sangka karena pebalap Inggris itu tercecer jauh dari Bottas hingga lap 40. Tapi kemunculan safety car di akhir-akhir balapan menyusul tabrakan yang terjadi antara dua mobil Red Bull, memberikan keuntungan bagi Hamilton untuk mencatatkan kemenangan pertamanya musim ini.

Sementara itu, rival beratnya asal Jerman, Sebastian Vettel yang mengemudikan Ferrari, hanya finish keempat, meski sejatinya mengendalikan balapan kali ini seperti seri-seri sebelumnya. Rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, finish kedua dan dibuntuti oleh pebalap Force India, Sergio Pérez, di podium ketiga.

Bagi Hamilton, masuknya safety car bagaikan mendapat durian runtuh, karena selama musim ini ia selalu kesulitan mendapatkan performa terbaik dari mobil Mercedes-nya. Bahkan selama latihan bebas hingga kualifikasi dan balapan, Mercedes selalu kesulitan mengejar Ferrari akibat cengkeraman ban yang kurang menggigit.

Baca juga:  Ricciardo Juara GP Monaco, Dikuntit Vettel dan Hamilton

Dengan kemenangan ini, kini Hamilton menyalip Vettel dalam perebutan posisi di klasemen pebalap, dengan keunggulan empat poin.

Sedangkan bagi Bottas, balapan di Sirkuit Baku City ini terasa menyakitkan. Bayangkan, ia sedang memimpin hingga lap 40, sebelum akhirnya terjadi tabrakan antara mobil duo Red Bull, yang melibatkan Max Verstappen dan Daniel Ricciardo.

Berbeda dengan GP China, ketika itu Bottas mendapat keuntungan dari masuknya safety car sehingga berhasil menjadi yang terdepan menyentuh garis finish, tapi kali ini masuknya safety car telah mengubah peruntungannya.

Demikian juga dengan Vettel yang pasti kecewa berat, karena sempat memulai balapan dengan mulus, melesat dari posisi terdepan dengan meninggalkan Hamilton yang start dari posisi kedua.

Drama pada grand prix di Baku ini mulai terjadi saat balapan dimulai lagi pada lap 48 setelah setelah proses pembersihan lintasan dari serpihan dua mobil Red Bull tuntas.

Baca juga:  Toyota Indonesia Siap Dukung Program Penurunan Emisi 29%

Ketika safety car keluar lintasan, Bottas mengambil posisi terdepan dengan dibuntuti oleh Vettel. Tapi kondisi ban Ferrari milik Vettel terlihat terlalu panas sehingga mengurangi daya cengkeramnya. Akhirnya Vettel dapat didahului oleh Hamilton. Tak sampai di situ, karena rekan setimnya, Kimi Raikkonen, juga bisa menyalipnya dan diikuti oleh Pérez.

Setelah itu, balapan sepertinya akan dimenangi Bottas, tapi pada lap berikutnya malapetaka itu datang. Ban mobil pebalap Finlandia itu melibas serpihan yang tersisa dan membuatnya harus mundur dari balapan. Ia pun rela memberikan kemenangan pertama bagi Hamilton musim ini. [dp/TGH]