Akio Toyoda Terima Penghargaan Issigonis Trophy dari Autocar | dapurpacu.id

Akio Toyoda Terima Penghargaan Issigonis Trophy dari Autocar


LONDON (DP) – Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corporation, terpilih sebagai tokoh yang layak mendapatkan penghargaan Issigonis Trophy dari majalah otomotif tertua di dunia, Autocar.

Penghargaan tertinggi bagi pribadi yang memiliki banyak sumbangan pemikiran bagi dunia otomotif itu diambil dari nama desainer mobil kenamaan asal Inggris yang merancang Mini pertama kali, yakni Sir Alec Issigonis.

Pengumuman pemberian penghargaan kepada Toyoda itu sendiri dilakukan di sela acara tahunan Autocar Awards yang dihelat di Sirkuit balap legendaris Silverstone, Inggris, pada Selasa (15/5).

“Ini merupakan penghargaan paling prestius dan paling pribadi yang pernah diberikan. Penghargaan ini diberikan kepada Tuan Toyoda atas pencapaian yang diraih selama memimpin Toyota dan Lexus. Beliau terbukti benar dalam banyak hal dan sangat menginsipirasi menyaksikannya melakukan banyak hal berbeda untuk memimpin agenda menciptakan teknologi dapur pacu kendaraan di masa depan dan menciptakan mobil yang menarik dan handal,” kata Mark Tisshaw, Editor Autocar, dalam sambutannya.

Baca juga:  AASD Gelar Touring Ceria ke Situ Gunung Sukabumi

Toyoda sendiri tidak bisa hadir dalam acara pemberian penghargaan itu, tapi ia menyampaikan rasa terima kasih melalui pesan video. Dalam video tersebut, cucu dari pendiri Toyota itu tampak datang Toyota City dengan mengendarai mobil Mini klasik, kendaraan yang sama seperti yang pernah ia gunakan saat bermukim di Inggris pada era 1980-an.

“Saya sangat terkesan menerima penghargaan Issigonis Trophy karena saya merasa ini merepresentasikan hubungan antara industri otomotif di masa lalu dan masa depan,” ucap Toyoda dalam pesannya setelah menerima penghargaan yang disampaikan Steve Cropley, Pemimpin Redaksi Autocar, di Toyota City.

Tak lupa ia memberikan penghargaan kepada kakeknya yang juga pendiri Toyota, Kiichiro Toyoda, seraya menyebut bahwa sebenarnya ia menerima penghargaan ini untuk mewakili sang kakek, bukan untuk dirinya.

Toyoda juga memberikan penghargaan secara pribadi kepada Mini, karena selama ia bekerja di London, ia selalu mengemudikan mobil imut ini pada 1980-an, dan ia mengakui tetap terinspirasi dari Mini. [dp/TGH]