Grup Bakrie Siap Bikin Bus Listrik di Indonesia


JAKARTA (DP) – PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) menyemarakkan industri otomotif dalam negeri dengan meneken nota kesepakatan (MoU) dengan perusahaan asal China, yakni BYD Auto Co Ltd.

BYD Auto dikenal sebagai produsen baterai ramah lingkungan di berbagai sektor termasuk otomotif. Belum jelas konsep kerjasama yang dijalin oleh kedua perusahan tersebut.

Namun, yang pasti Bakrie & Brothers bersama BYD Auto Co Ltd berencana memproduksi bus listrik untuk dipasarkan di Indonesia.

“Pengembangan itu akan dilakukan secara bertahap. Rencananya harus lokalisasi dahulu semua produksi di dalam negeri, dari sisi ini ada komponen seperti baterai dan rangka (body) kendaraan, mungkin tahap pengembangan produksi rangka bisa mulai duluan,” kata Direktur Utama Bakrie & Brothers, Bobby Gafur S. Umar, kepada pers di Jakarta, Selasa (15/5).

Bobby menilai, peluang bisnis kendaraan listrik ini sebagai masa depan yang tidak dapat terhindarkan.

Baca juga:  Di Malaysia, Daihatsu Sirion Jadi Mobil Terlaris dan Populer

“Industri berbasis energi terbarukan ini sangat menjanjikan di negara-negara kawasan Eropa dan Amerika,” papar dia.

Sedangkan Head of Corporate Communication Bakrie & Brothers, Bayu Nimpuno, mengatakan pihaknya belum dapat menjelaskan lebih rinci terkait bentuk kerjasama tersebut.

“Pekan lalu memang baru MoU, saat ini kami masih dalam tahap pembicaraan seputar bentuk kerjasama yang lebih pasti dengan partner usaha dari China,” ujarnya.

Apabila ditelisik lebih jauh, Bakrie & Brothers sudah cukup lama berkecimpung di bisnis sektor otomotif ini. Perusahaan ini telah berpengalaman dalam memproduksi komponen otomotif sejak 1975 dengan nama PT Bakrie Tubemaker. [dp/TGH]