Mengintip Deretan Kendaraan Untuk Pernikahan Kerajaan Inggris


LONDON (DP) – Pada Sabtu (19/5), perhatian dunia tertuju pada prosesi pernikahan Kerajaan Inggris antara Pangeran Harry dengan Meghan Markle. Tak hanya dandanan dan gaya busana kedua mempelai yang disorot, tapi publik dunia juga ingin tahu kendaraan yang dipakai keduanya dan keluarga kerajaan.

Setelah pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana yang mengebohkan dunia, pernikahan anggota Kerajaan Inggris (royal wedding) lainnya yang menjadi perhatian dunia internasional adalah pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada Jumat, 29 April 2011 di Westminster Abbey, London.

Tujuh tahun kemudian, tepatnya Sabtu kemarin, rakyat Inggris yang sempat terpecah seusai Inggris keluar dari Uni Eropa, kembali ‘bersatu’ untuk bersama-sama masyarakat internasional menyaksikan pernikahan anggota Kerajaan Inggris lainnya, yaitu Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Royal wedding kali ini agak unik, karena mendobrak tradisi yang selama ini dianut kerajaan. Contohnya adalah venue pernikahan yang dihelat di Windsor, yang berada di luar kota.  Padahal selama ini, royal wedding selalu dilaksanakan di pusat kota London. Juga acara yang digelar pada akhir pekan, dari biasanya selalu digelar pada hari kerja. Selain itu, sang mempelai perempuan yang berstatus janda dan punya keturunan kulit hitam dari ibunya, itu juga menjadi keunikan tersendiri. Itulah mengapa pada acara pernikahan hadir seorang uskup Amerika berkulit hitam untuk memberikan khotbah, yang juga disaksikan sekitar 600 tamu undangan khusus.

Baca juga:  Ikuti Langkah Ini Agar Mudik Anda Aman dan Irit

Terlepas dari semua keunikan itu, masyarakat dunia juga perlu tahu kendaraan apa saja yang dipakai Pangeran Harry dan Meghan Markle selama prosesi pernikahan dan kendaraan yang pernah digunakan keluarga Kerajaan Inggris lainnya, termasuk Ratu Elizabeth, dalam acara-acara pernikahan dan acara resmi kenegaraan lainnya.

Diawali dengan kereta kuda Ascot Landau. Sebelum melaksanakan resepsi di Windsor, kedua mempelai melakukan perjalanan singkat sebagai bagian dari prosesi pernikahan menuju St. George’s Chapel di Kastil Windsor dengan mengendarai kereta kuda tanpa atap bernama Ascot Landau.

Perlu diketahui, perjalanan pasangan kerajaan untuk menyapa publik atau dalam bagian prosesi selalu menggunakan kereta kuda.

Aston Martin DB6 Volante

Mobil ini pernah digunakan kakak Pangeran Harry, yaitu Pangeran William, dan istrinya, Catherine Middleton, pada 29 April 2011. Saat itu, sang pangeran menggunakan Aston Martin DB6 Volante dua tempat duduk berkelir biru untuk membawa istrinya dari Westminster Abbey menuju Clarence House, yang menjadi kediaman resmi keduanya.

Mobil bersejarah tersebut adalah milik ayah William, yakni Pangeran Charles, yang mendapatkan mobil itu sebagai hadiah ulang tahun ke-21 dari ibunya, Ratu Elizabeth II.

Pada acara pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, mobil tersebut dipasangi pita putih dan biru, sedangkan di belakang diikatkan beberapa balon berbentuk hati dan hiasan lain dengan bentuk huruf “W” dan “C”, yang merupakan inisial dari William dan Chaterine Middleton.

Baca juga:  Yamaha Fino Grande Luxury Red Hadir Lebih Mewah dan Elegan

Mobil ini sudah diubah oleh Pangeran Charles pada 2008 untuk tak lagi mengonsumsi bahan bakar biasa, melainkan bioetanol.

1902 State Landau Carriage

William dan Kate tak hanya menggunakan Aston Martin saat pernikahan mereka, tapi juga menumpang kereta kuda kerajaan berusia seabad yang berlapis emas. Kereta itu bernama 1902 Ascot State Landau.

State Landau sendiri merupakan kereta kuda dengan atap terbuka yang ditarik oleh enam ekor kuda. Kereta bersejarah ini dibangun oleh Raja Edward VII pada 1902 untuk digunakan saat pelantikannya sebagai raja. Setelah itu, State Landau langganan menjadi kendaraan untuk berbagai kegiatan Kerajaan Inggris, seperti perayaan nasional dan pernikahan anggota kerajaan.

State Landau juga pernah digunakan Putri Diana ketika menikah dengan Pangeran Charles, dan juga oleh Sarah Ferguson saat dinikahi Duke of York, Pangeran Andrew. Elizabeth Bowes-Lyon juga pernah mengendarai kereta ini dalam pesta pernikahannya pada 1923, kemudian Putri Alexandra pada 1963, dan Putri Anne pada 1973.

Irish State Coach

Jika cuaca tak mengizinkan menggunakan State Landau atap terbuka, anggota Kerajaan Inggris beberapa kali menggunakan kereta kuda lainnya yang memiliki atap tertutup, yakni Irish State Coach.

Kereta yang ditarik empat ekor kuda ini dibangun pada 1851 oleh John Hutton & Sons dan menjadi kereta kerajaan pada era Ratu Victoria mulai 1861.

Baca juga:  Pembuktian Sang Raja Niaga Ringan Suzuki di Banjarmasin

Irish State Coach pernah dipakai dalam acara pernikahan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, hingga Ratu Elizabeth.

Rolls Royce Phantom VI

Ada dua Rolls Royce Phantom VI yang dimiliki Ratu Elizabeth. Satu diberi nama Silver Jubilee Car, yang dibuat khusus oleh Rolls-Royce untuk merayakan ulang tahun ke-25 Ratu Elizabeth II memegang tahta Kerajaan Inggris, dan satu lagi model konvensional buatan 1986.

Kedua mobil itu tidak pernah digunakan untuk prosesi pernikahan, melainkan untuk sejumlah acara kerajaan. Ketika membawa Ratu Elizabeth, kedua Phantom itu tak menggunakan emblem Spirit of Ecstasy, tapi diganti dengan simbol Ratu, yaitu St George membunuh naga.

Bentley State Limousine

Pada 2002, Ratu Elizabeth merayakan ulang tahun ke-50 duduk di singgasana Kerajaan Inggris. Untuk acara itu, Bentley mempersembahkan Bentley State Limousine, yang menggunakan basis Arnage R. Mobil ini kerap dipakai dalam berbagai acara resmi kerajaan, tapi belum pernah digunakan selama prosesi pernikahan.

Sama seperti Phantom, ornamen di kap mesin Flying B diganti dengan logo St George membunuh naga. Ada dua unit mobil seperti ini di garasi kerajaan, yang masing-masing diestimasi bernilai 10 juta poundsterling (Rp190,6 miliar). [dp/TGH]