Akhirnya Toyota Punya SUV Listrik Akhir Tahun Ini


BEIJING (DP) – Toyota memang baru memulai langkah menuju elektrifikasi kendaraan. Tapi raksasa otomotif ini mengambil langkah lebih cerdas untuk melahirkan mobil listrik.

Tak ingin kehilangan momentum dari cepatnya program elektrifikasi kendaraan di China, Toyota harus membuat strategi yang tepat dan taktis. Sadar bahwa program untuk pengembangan mobil listrik masih dalam tahapan awal, sedangkan pasar dan pemerintah di China menuntut semua pabrikan untuk mengalokasikan 10% dari total produksi berupa mobil listrik pada 2019, maka tak ada cara lain yang lebih cepat bagi Toyota untuk menggandeng mitra lokal.

Pola kerjasamanya mirip dengan apa yang telah dilakukan Toyota dengan Daihatsu untuk melakukan rebadge model Daihatsu menjadi Toyota. Hal yang sama dilakukan Toyota bersama Suzuki (Maruti) di India.

Di China, Toyota dalam produksi kendaraan bermitra dengan sejumlah pabrikan lokal, seperti GAC, FAW dan lainnya. Nah, untuk pengembangan mobil listrik, Toyota pada tahapan kali ini memilih GAC untuk bermitra. Kerjasama dengan pola rebadge ini lebih menguntungkan karena GAC memiliki teknologi rendah biaya, dan Toyota butuh waktu cepat untuk memenuhi regulasi baru pemerintah Negeri Panda.

Baca juga:  Menyambut Everus, Si Honda HR-V Berteknologi Listrik

Sementara dari sisi GAC, mereka juga diuntungkan karena akan memiliki akses pada sistem kendali mutu dan jaringan penjualan, demikian menurut laporan Reuters.

Mengutip beberapa eksekutif Toyota dan GAC yang berkaitan erat dengan kerjasama ini, disebutkan bahwa New GAC-Toyota ix4 akan mulai dipasarkan akhir tahun ini. Model SUV berteknologi listrik itu menggunakan basis GAC Trumpchi GS4 dan telah menjalani pengembangan selama dua tahun.

Bagi sejumlah kalangan di industri otomotif dunia, langkah Toyota menjual mobil yang dihasilkan mitranya di China merupakan gagasan yang tak pernah terpikirkan sebelumnya sejak beberapa tahun terakhir. Tapi mungkin ini cara paling praktis untuk mengejar momentum menyusul desakan pemerintah China agar jalan raya di seantero negeri itu lebih banyak berlalu lalang mobil listrik.

New GAC-Toyota ix4 diperkirakan menggunakan motor listrik bertenaga 180hp dan torsi 213lb-ft (290Nm) serta menggunakan baterai berkapasitas 47kWh untuk menghasilkan daya jelajah total 192 mil (310km).

Baca juga:  Jelang Penutupan JFK 2019, Ban Pirelli Didiskon Hingga 35%

Toyota juga dikabarkan tengah bernegosiasi dengan FAW Group untuk menjalankan program kerjasama seperti yang dilakukan bersama GAC. Namun sejauh ini belum ada finalisasi dari proses negosiasi tersebut. [dp/TGH]