Toyota-Suzuki Makin Mesra, Ada Apa Ya?


TOKYO (DP) – Demi menggapai masa depan yang lebih baik, itulah yang mendasari dilakukannya kembali pembicaraan antara Toyota dengan Suzuki yang digelar di Tokyo, Jumat (25/5).

Toyota Motor Corporation (Toyota) dan Suzuki Motor Corporation (Suzuki) telah sepakat untuk membahas proyek-proyek baru yang digarap bersama dalam bidang pengembangan teknologi, produksi kendaraan dan pengembangan pasar.

Pembicaraan terbaru ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan pada 6 Februari 2017 lalu. Toyota dan Suzuki telah berusaha untuk menkonkretkan bentuk kerjasama yang telah disepakati dan telah mengumumkan program product sharing untuk kendaraan yang dipasarkan di India.

Tak hanya itu, kedua pabrikan asal Jepang ini juga siap memperluas kerjasama yang meliputi produksi dan pengembangan pasar.

Sementara itu, dalam pembicaraan yang dilakukan akhir pekan ini, Toyota sepakat untuk memberikan dukungan teknologi kepada Suzuki untuk pengembangan mobil kompak dan dapur pacu berefisiensi super tinggi.

Baca juga:  Toyota 5 Continents Drive Singgah di Indonesia, Tes Jalur Jakarta Hingga Jawa timur

Nantinya, Toyota Kirloskar Motor Private Ltd (TKM) akan memproduksi sejumlah model kendaraan yang dikembangkan oleh Suzuki untuk pasar India melalui jaringan penjualan Toyota dan Suzuki.

Tak hanya pasar India, Toyota dan Suzuki juga akan mengekspor kendaraan yang dikembangkan bersama ke sejumlah negara, termasuk Afrika, dengan memanfaatkan jaringan penjualan Toyota dan Suzuki.

Presiden Toyota, Akio Toyoda, dalam pernyataan tertulisnya menyebutkan kemitraan bisnis dengan Suzuki yang sudah lebih dulu menggarap pasar India, demi meningkatkan masyarakat mobilitas yang lebih bebas dan menyenangkan di masa mendatang dengan mengedepankan semangat “Let’s do it”.

“Kelak kami menjadikan mobil ‘Made in India’ tersebar ke kawasan Afrika dan negara lain di dunia,” ucapnya.

Sedangkan Chairman Suzuki, Osamu Suzuki, menyatakan bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Akio Toyoda, Toyota sangat antusias untuk menjalin kemitraan dengan Suzuki. Hal itu sangat diapresiasi oleh Suzuki yang memang membutuhkan dukungan teknologi terkini dalam pengembangan kendaraan.

Baca juga:  Siap Sambut Toyota Yaris Versi Sangar Bermesin Turbo

“Harapan saya, proyek-proyek baru yang digarap bersama akan berkontribusi terhadap kesuksesan kedua perusahaan, tak hanya di India, tapi juga di pasar global,” kata Suzuki. [dp/TGH]