Lagi, Toyota Jadi Merek Otomotif Paling Berharga


LOS ANGELES (DP) – Toyota kembali dinobatkan sebagai merek otomotif paling berharga, menggenapi raihan sebelumnya menjadi enam kali berturut-turut, dengan nilai merek mencapai hampir $30 miliar atau sekitar Rp420 triliun.

Pencapaian Toyota itu terangkum dalam studi tahunan bertajuk BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands, yang dirilis oleh periset pasar Kantar Millward Brown.

Selama enam tahun terakhir, Toyota selalu memuncaki daftar BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands untuk kategori perusahaan otomotif. Untuk nilai merek Toyota sendiri berdasarkan studi tersebut adalah $29,987 miliar, atau naik 5 persen dibandingkan raihan tahun lalu.

“Toyota belakangan ini menikmati kuatnya permintaan untuk model SUV di pasar Amerika Serikat dan Eropa, sehingga turut menjaga posisinya sebagai merek paling berharga,” ungkap Peter Walshe, Direktur Global BrandZ di Kantar Millward Brown.

Toyota telah mendominasi daftar BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands jika hanya dihitung untuk kategori perusahaan otomotif. Sejauh ini, Toyota telah dikukuhkan sebagai merek paling berharga di kategori perusahaan otomotif sebanyak 11 kali, dari total 13. Toyota hanya dua kali berada di posisi runner up, yaitu pada 2010 dan 2012.

Baca juga:  Ducati Indonesia Luncurkan Tiga Model Anyar

Sementara dalam studi terbaru ini, Mercedes mencatat kenaikan signifikan sebesar 9 persen, dengan nilai merek mencapai $25,684 miliar dan berhak duduk sebagai runner up. Pertumbuhan yang diraih Mercedes itu membuat BMW tergusur ke posisi ketiga, dengan nilai merek $25,624 miliar atau naik 4 persen dari tahun sebelumnya.

Berikut perusahaan yang menghuni daftar 10 besar, yakni Ford (4), Honda (5), Nissan (6), Audi (7), Tesla (8), Maruti Suzuki (9), dan Volkswagen (10). Nama terakhir ini baru kembali masuk 10 besar setelah dua tahun absen akibat imbas dari skandal Dieselgate.

Secara umum, Google masih di puncak klasemen dengan nilai merek mencapai $302,063 miliar, atau meningkat 23 persen ketimbang raihan 2017. Apple berada di urutan kedua dengan nilai $300,595 miliar (+28 persen), dan Amazon ketiga dengan nilai $207,594 miliar (+49 persen). Untuk urutan berikutnya masing-masing adalah Microsoft (4), Tencent (5), Facebook (6), Visa (7), McDonald’s (8), Alibaba Group (9), dan AT&T (10). [dp/TGH]