Asapi Lorenzo, Rossi Rebut Pole Position di Mugello


MUGELLO (DP) – Valentino Rossi merebut pole position pertamanya sejak 2016 setelah berhasil mengungguli Jorge Lorenzo di Mugello dalam kualifikasi Grand Prix Italia, Sabtu (2/6).

Pebalap Movistar Yamaha itu tampil gemilang pada lap terakhir untuk mencatat rekor lap baru dengan 1 menit 46,208 detik.

Mantan rekan setim Rossi, Lorenzo, hanya terpaut tipis, yakni 0,035 detik, dari The Doctor. Pebalap gaek asal Italia itu terakhir kali start dari pole position di Motegi pada 2016.

Sedangkan pebalap Yamaha lainnya, Maverick Vinales, akan start dari posisi ketiga setelah tertinggal kurang dari sepersepuluh detik.

Andrea Iannone, yang akan meninggalkan Suzuki akhir musim ini, start dari barisan kedua, tepat di depan pebalap Pramac Ducati, Danilo Petrucci.

Marc Marquez, yang sempat memecahkan rekor lap pada latihan bebas ketiga, kesulitan mengulang performa apiknya, sehingga ia melorot ke urutan keenam.

Baca juga:  Rossi dan Vinales ke Jakarta 4 Februari 2019, Pamer YZR-M1 Anyar

Rekan setim Lorenzo di Ducati, Andrea Dovizioso, yang juga juara di Mugello musim lalu, akan start dari posisi ketujuh, bergabung di barisan ketiga bersama pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, dan andalan Tech3 Yamaha, Johann Zarco.

Alex Rins menghuni barisan keempat, yaitu di posisi ke-10, di depan Jack Miller (Pramac Ducati) dan Franco Morbidelli dari Marc VDS Honda start dari posisi ke-12.

Tito Rabat (Avintia Ducati) menguntit di urutan ke-13, di depan Hafizh Syahrin (Tech3 Yamaha).

Pol Espargaro (Red Bull KTM) berada di posisi ke-15, dan diikuti Alvaro Bautista (Angel Nieto Ducati) serta Bradley Smith.

Dani Pedrosa (Repsol Honda) terpuruk di posisi ke-20 dan start di belakang Takaaki Nakagami (LCR Honda) dan Thomas Luthi dari tim Marc VDS Honda.

Dua pebalap Aprilia, yakni Aleix Espargaro dan Scott Redding, masing-masing akan start dari posisi ke-21 dan 23. [dp/TGH]