Rossi dan Vinales Senang Jika Lorenzo Geber Yamaha Lagi


MUGELLO (DP) – Jorge Lorenzo disebut-sebut tak akan diperpanjang kontraknya di Ducati dan berpotensi kembali memacu Yamaha bersama tim satelit. Mendengar hal itu, duet pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, senang.

Rossi yakin kembalinya Lorenzo menunggang Yamaha pada MotoGP musim 2019 akan memberikan motivasi yang lebih bagi dirinya.

Peluang Lorenzo kembali menggeber Yamaha sangat terbuka, karena Suzuki sepertinya akan merekrut Joan Mir untuk berduet dengan Alex Rins, sedangkan tim pabrikan lain selain Ducati sudah punya komposisi lengkap pebalapnya.

Meski sempat memiliki hubungan tak harmonis sebagai rekan setim pada musim 2008-2010 dan musim 2013-2016, Rossi mengatakan dirinya tak keberatan bila Lorenzo kembali memperkuat Yamaha.

Pebalap gaek berjuluk ‘The Doctor’ itu menyarankan Lorenzo bisa berperan seperti pebalap tim Yamaha Tech3, Johann Zarco, yang diharapkan dapat memberikan masukan untuk pengembangan motor Yamaha.

Baca juga:  Begini Tampilan Toyota HiLux di Reli Dakar 2019

“Setelah mencoba menghentikan Zarco, saya juga akan mencoba menghentikan Lorenzo,” canda Rossi, mengacu pada anggapan bahwa dirinya yang melarang Zarco menggunakan motor spesifikasi pabrikan pada musim 2018 ini sehingga pebalap Perancis itu harus puas menggeber motor lawas.

“Saya pernah jadi rekan setim Jorge untuk waktu yang lama dan ia adalah pebalap hebat, ia bisa memacu Yamaha sangat cepat,” sebut Rossi.

“Memang, akan berat jika Lorenzo kembali, tapi situasinya akan sama dengan tahun ini, karena Yamaha punya Zarco, yang sangat kuat,” imbuhnya.

“Jika Anda berada di tim Yamaha, Anda selalu punya rekan setim hebat atau pebalap cepat dengan motor yang sama. Ini jelas lebih sulit, tapi ini juga bagus untuk memotivasi,” ucapnya.

Maverick Vinales mengungkapkan perasaan yang sama dengan Rossi tentang kemungkinan Lorenzo kembali ke Yamaha. Menurut dia, kembalinya Lorenzo dapat membangkitkan kembali Yamaha setelah terseok-seok sejak musim lalu.

Baca juga:  Duo Italia Borong Podium di Moto2 Jerez Spanyol  

“Mengapa tidak? Dia pebalap kuat dan memberikan kesempatan kepadanya dapat meningkatkan level Yamaha menjadi lebih kuat,” ujarnya.

“Menarik bagi Yamaha karena setelah memperkuat Ducati, ia akan punya pengalaman dengan motor berbeda dan itu mungkin bisa membantu.”

“Lorenzo adalah pebalap hebat. Ia benar-benar bagus dan punya banyak potensi. Jika diberikan motor yang tepat, ia akan memenangi balapan,” pungkas Vinales. [dp/TGH]