Hari Kelabu Bagi Ducati di Sirkuit Mugello


MUGELLO (DP) – Ducati mengalami hari buruk pada sesi latihan bebas, Jumat (1/6), menjelang balapan Grand Prix Italia di Mugello akhir pekan ini menyusul masalah yang menimpa tiga penunggang motor GP18.

Masalah daya cengkeram ban menjadi isu utama yang dialami motor Ducati GP18 pada seri ini, yang diwarnai dengan kecelakaan parah yang menimpa pebalap wild card asal Italia, Michele Pirro. Bahkan pebalap uji Ducati berusia 31 tahun itu harus dilarikan ke rumah sakit setelah tak sadarkan diri akibat benturan keras ke permukaan lintasan di tikungan San Donato.

Di tikungan yang sama, pebalap tim pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso, mengalami masalah pada mesin motornya, sehingga harus ganti motor kedua. Namun, motor kedua justru bermasalah pada bannya, sama seperti yang dialami rekan senegaranya, Pirro, yang sampai terjungkal pada sesi latihan bebas kedua.

Tak berhenti di situ, karena masalah yang sama menimpa motor tunggangan Jorge Lorenzo. Meski memiliki performa terbaik di antara tiga pemacu Ducati, tapi pebalap Spanyol ini hanya berada di urutan ke-10.

Baca juga:  Pebalap Muda Tanah Air Kembali Kibarkan Merah Putih

Juara dunia tiga kali MotoGP itu mengaku frustrasi dengan kondisi ban motornya, karena ia tak mampu melajukan motornya lebih cepat lagi.

“Sebenarnya cukup bagus pada sesi latihan hari ini karena motor saya cukup cepat. Tapi ketika memakai ban lunak, kecepatan motor berkurang setengah detik, dan itu buruk,” ungkap Lorenzo, yang kemungkinan akan meninggalkan Ducati akhir musim ini.

Adapun pencetak waktu tercepat dalam sesi latihan bebas Grand Prix Italia adalah Andrea Iannone, yang memacu Suzuki. [dp/TGH]