Pertamina Bikin Mudah Transaksi di SPBU


JAKARTA (DP) – PT Pertamina (Persero) berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan pada stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) yang tersebar di seluruh Indonesia. Terlebih nanti jelang libur panjang dan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2018.

Salah satunya melalui metode non tunai (cashless), di mana konsumen dapat mengisi bahan bakar kendaraannya tanpa harus mengeluarkan kocek, melalui aplikasi T-Cash.

Pada kunjungan kerja Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama direksi Pertamina di Rest Area KM57, Cikampek, Sabtu (2/6), Jonan berkesempatan meninjau secara langsung implementasi pembayaran non tunai di SPBU Pertamina.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid mengatakan, aplikasi digital di SPBU sangat mendukung proses transaksi jaman sekarang. Melalui digital, konsumen bisa mempercepat transaksinya di SPBU dan berdampak pada berkurangnya antrean kendaraan.

Bahkan, rata-rata pembayaran cashless ini bisa dilakukan relatif singkat hingga hitungan detik. Lebih jauh, sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap konsumen, setiap transaksi pembelian produk Pertamax menggunakan T-Cash akan mendapatkan cashback 10% atau maksimal Rp20 ribu.

“Layanan TCASH kami hadirkan dalam upaya mempercepat pengembangan konsep Smart Payment, sekaligus merupakan wujud dukungan dalam membangun Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah,” ujar Mas’ud, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/6).

Selain meninjau penggunaan transaksi non tunai, Jonan juga mengapresiasi berkembangnya SPBU pelayanan mandiri (Self-service) di Rest Area KM57 ini sebagai upaya mempercepat layanan SPBU Pertamina. Pada SPBU Self-service ini, konsumen dapat mengisi bahan bakarnya sendiri tanpa harus menunggu operator.

Sebagai informasi, saat ini layanan cashless melalui T-Cash sudah tersedia pada 57 SPBU di Indonesia. Sedangkan, SPBU Self-service dapat ditemui di 65 SPBU. [dp/MTH]