Bermodal Mesin Glondong, Scrambler Jadi Pilihan Tepat (Galeri Foto)


JAKARTA (DP) – Motor custom bukan berarti tidak nyaman, penampilan dan kenyamanan harus menjadi nomer satu. Seperti yang dilakukan Aribowo dalam membangun Honda CB450 beraliran Scrambler.

Untuk mendapatkan itu semua Bowo mempercayakan pengerjaan ini kepada Protechnic Moto di bilangan Rempoa yang memang sudah memiliki pengalaman dan prestasi dalam dunia custom.

“Saya milih gaya scrambler karena posisinya nyaman dikendarai dibanding motor saya sebelumnya model Bratstyle. Serta paling penting kalau scrambler bisa dual purpose juga,” kata Aribowo yang biasa disapa Bowo.

Dalam hal pengerjaannya terbilang sulit pasalnya Bowo hanya bermodal mesin gelondong CB450 tahun 1969 dari teman di AS, mesin ini hadir dengan kondisi tidak lengkap dan masih butuh perjuangan untuk melengkapinya. “Mesinnya dibawain temen dari AS, masuk cuma mesin aja tanpa karbu dan pengapian. Kita mesti lengkapin beberapa parts yang engga ada kaya cam dan pelatuk klep, sedangkan piston standar kita ganti,” tambah Bowo.

Baca juga:  Mobil Listrik Bakal Segera Gusur Mobil Biasa? Honda tak Yakin

Mendapat kepercayaan dalam membangun Scrambler menjadi tantangan bagi Ari Supriyanto punggawa Protechnic, melengkapi dan menghidepkan mesin menjadi langkah awal Ari walaupun waktu yang dibutuhkan cukup lama untuk mendapatkan part. CB450 Twin generasi awal ini kata Ari termasuk jarang di Indonesia, begitu juga perintilannya harus inden cukup lama.

“Belah mesinnya lama, soalnya mesin memang datang dalam keadaan engga sehat, paling susah itu nyari rantai ketengnya, dia beda sama CB yang lain,” ungkap Ari.

Selesai urusan mesin Ari melanjutkannya ke bagian rangka, sasis CB650 4-silinder menjadi bahan untuk konsep scrambler dan mesin CB450. Pada bagian body, tangki hingga fender dibuat custom handmade berbahan almunium. “Full alumunium biar awet engga karatan. Warnanya dipilih abu-abu BMW tapi saya lupa kodenya,” tutup Ari. (dp/ARB)

Data Honda CB450 Scrambler:

Ban Depan: Shinko Adventure Trail 110/80-18
Ban Belakang: Shinko Adventure Trail 130/80-17
Teromol Depan: Kustom
Teromol Belakang:Trail
Shockabsorber: KYB
Knalpot: Kerker
Lampu Depan: Variasi
Lampu Belakang: Variasi
Sein: Variasi
Fork Depan: CBR900RR
Arm Belakang: CB400
Rangka: Honda CB650 Kustom
Tangki: custom Alumunium
Fender Depan Belakang: custom Alumunium