Selain Merawat Busi, Naik Satu Type Bisa Membuat Mudik Aman


JAKARTA (DP) – Rutin dalam merawat kendaraan tidak berdampak negatif, beda halnya jika malas dalam melakukan perawatan. selain kerusakan part yang menjalar ke beberapa bagian hal ini juga berbahaya dalam perjalanan.

Menjelang mudik pastinya perawatan sudah harus dimulai, salah satunya adalah busi, dimana busi menjadi faktor penting pada mesin. Waktu Pengecekannya bisa dilakukan setiap 15.000 – 20.000 kilometer, Jarak yang cukup panjang untuk sebuah busi..

Pengecekan ini bisa dilakukan sendiri dengan catatan memiliki kunci kunci yang dibutuhkan. Diko Oktaviano Technical Support PT NGK Busi Indonesia menjelaskan cara melakukan perawatan busi, diantaranya ?

1. Pastikan busi tidak mengalami keausan, bagian ini bertempat di dekat ulir drat baut. Elektroda menjadi komponen yang mudah terkikis karena menjadi tempat terjadinya pembakaran api pada ruang bakar. “Saran saya jika bagian ini sudah mengalami kehausan ada baiknya diganti, karena kendaraan untuk mudik terutama mobil kadang dibawa terus menerus.” Ujar Diko.

Baca juga:  Ganjil Genap Diperpanjang, 2 Januari Langsung Diberlakukan

2. Busi bersih atau kotor, “Bukan hanya busi yang harus di cek tetapi mesin juga harus di service supaya saling mendukung. Buat apa businya diganti mesinnya tidak dirawat.” Tambah Diko.

3. Naik satu step dari type standart, “Saran saya kalau mau aman coba Platinum atau Iradium, naik satu step dari yang nikel walaupun kondisi mesin standar itu tidak masalah. Karena kita ciptakan itu untuk plug n play, selagi range panasnya masih dalam standart tidak masalah.” kata Diko.

Mudah kan? Selain mengganti busi, jangan lupa juga untuk menyiapkan busi cadangan guna mengantisipasi mogok dan bisa juga dimanfaatkan untuk menolong pengendara lainnya, Berbuat baik di bulan ramadhan itu wajib loh. (dp/ARB)