Evalube ‘PeDe’ Dua Produk Ini Masih Banyak Peminatnya


JAKARTA (DP) – Dalam beberapa tahun belakangan, pertumbuhan pasar sepeda motor jenis skutik di Indonesia terus mengalami lonjakan. Kebutuhan dan permintaan yang tetap tinggi menjadikan motor jenis ini makin digemari di seluruh pelosok Tanah Air.

Namun dibalik itu, perkembangan motor 2 tak makin jarang ditemui di jalan. Emisi gas buang yang mampu mengorbankan kesehatan pengguna jalan lain disinyalir menjadi faktor utama tunggangan jenis itu sulit untuk memikat konsumen. Terkecuali para fanatiknya loh!

Meski kondisinya begitu, PT Wiraswasta Gemilang Indonesia selaku produsen pelumas merek Evalube, tetap optimis produk yang dikhususkan untuk motor tersebut masih bisa direspon oleh konsumennya.

Hal itu dibuktikan dengan data penjualan yang masih tergolong positif diserap pasar. Marketing Manager Evalube, Ivan Rastianto, mengeklaim pelumas 2 tak Evalube mampu berkontribusi 40% dari total penjualan produk pelumas Evalube.

“Secara data penjualan, pelumas 4 tak Evalube menyumbangkan angka 60%, sementara jenis 2 tak sebesar 40%. Jadi dapat kami katakan pelumas 2 tak masih besar bagi kami,” kata Ivan, di Jakarta (6/6).

Namun Ivan tidak menampik bahwa produk Evalube jenis 2T cukup baik diserap di luar Pulau Jawa. Yaitu di Pulau Sumatera, sedangkan tipe 4T lebih besar di Jawa karena sepeda motor tipe 2T sudah jarang.

“Motor 2T sudah jarang ditemui di kota-kota besar seperti di Jakarta. Tapi jangan salah, kebutuhan oli 2 tak tidak semuanya diperuntukkan bagi sepeda motor saja. Bisa saja dipakai untuk keperluan lainnya. Seperti mesin kapal nelayan, genset 2 tak, atau mesin-mesin perkebunan yang masih butuh oli 2 tak,” sambungnya.

Evalube: Segmen 4T Konvensional Masih Terbesar, Segmen Skutik Wajib Dibidik
Di balik pertumbuhan signifikan dari skutik, Evalube juga tetap memandang pasar 4T ‘konvensional’ masih ada. Salah satu produknya yaitu Runner 20W-40 kemasan hijau masih banyak diminati konsumen

“Saat ini, kategori 4 tak konvensional masih ada peminatnya. Kita tahu sekarang motor matik juga tak kalah besar, tapi kalau bicara populasi tetap 4 tak konvensional masih lebih besar,” kata Ivan lebih lanjut.

Disisi lain, Evalube juga memandang segmen skuter Maxi diyakini akan terus berkembang. Karena itulah Evalube pun terus melengkapi varian produknya dengan merilis lagi varian baru Evalube Scootic RX SAE 1OW-40.

“Matic ini tumbuh signifikan dari tahun lalu, dan segmen ini akan terus tumbuh. Karena itu ada Evalube Scootic RX yang baru kita launching kemarin. Mudah-mudahan oli ini bisa mengikuti peningkatan populasi matik yang terus berkembang seperti dari Nmax, Aerox, Xmax serta PCX,” tutup Ivan. [dp/MTH]