Alonso Debut, Toyota Akhirnya Juara di Le Mans


PARIS (DP) – Setelah beberapa tahun berlaga di balap ketahanan 24 jam Le Mans, tim Toyota akhirnya mengukir kemenangan pertamanya dan sekaligus debut gemilang bagi Fernando Alonso.

Toyota dalam seri balapan tahun ini menempatkan dua mobilnya finish 1-2 di Le Mans, dengan mobil TS050 Hybrid nomor 8 yang dikemudikan Fernando Alonso, Sebastien Buemi dan Kazuki Nakajima di posisi pertama dan mobil nomor 7 yang dikemudikan Kamui Kobayashi, Mike Conway dan Jose Maria Lopez sebagai runner-up.

Toyota nomor 7 sempat memimpin lomba dalam 7 jam pertama, saat mobil nomor 8 yang digeber Buemi terkena penalti stop/go 60 detik karena melaju terlalu cepat ketika memasuki zona pelan.

Atas kejadian itu, Toyota nomor 7 memimpin dengan selisih waktu lebih dari 2 menit, tapi Toyota nomor 8 secara meyakinkan mampu memangkas jarak ketika kemudi dipegang juara dunia Formula 1 dua kali, Alonso, pada keesokan harinya, tepatnya pada Minggu pagi (17/6).

Baca juga:  Hamilton Raih Pole Position di GP Perancis, Mercedes Start 1-2

Bahkan Alonso, yang melakukan debutnya di balap ketahanan 24 jam ini, meminta kepada tim agar bisa menambah waktu mengemudi. Ia terus melaju hingga pukul 4 pagi setelah mengemudi selama 11 jam.

Performa apik Alonso membuat Toyota nomor 8 berhasil memangkas waktu 5 detik per lap dari Toyota nomor 7 yang dikemudikan Lopez, sebelum kemudi diserahkan kepada Nakajima. Saat itu Toyota nomor 8 hanya berjarak beberapa detik dari Toyota nomor 7, sebelum akhirnya Lopez digantikan oleh Kobayashi.

Toyota nomor 7 mampu menjaga jarak dengan nomor 8 dalam beberapa lap berikutnya, tapi kemudian Nakajima berhasil mendahului Kobayashi menuju tikungan Mulsanne Corner.

Dalam beberapa jam berikutnya, Toyota nomor 8 masih tetap memimpin dengan ditempel ketat Toyota nomor 7. Tapi ceritanya berubah ketika Buemi menyerahkan tugas mengemudi kepada Alonso pada seperempat akhir lomba. Toyota nomor 7 yang dikemudikan Kobayashi melakukan kesalahan sehingga terkena penalti stop/go 10 detik karena melampaui jatah bahan bakar.

Baca juga:  Daimler Siap Rilis Truk Swa Kemudi Tahun Ini

Hal itu memberikan kesempatan baik kepada Nakajima untuk menjadi yang pertama menyentuh garis finish, dan memberikan kemenangan pertama bagi Toyota di Le Mans setelah mengitari sirkuit legendaris itu sebanyak 388 kali. [dp/TGH]