Toyota akan Lahirkan Hypercar Hybrid Bertenaga 1.000 HP


PARIS (DP) – Toyota telah mengonfirmasi tentang rencana membuat hypercar berteknologi hybrid yang akan berbasiskan GR Super Sport Concept bertenaga 1.000 hp.

Pernyataan Toyota itu disampaikan di Paris akhir pekan ini di sela persiapan ajang balap ketahanan 24 jam Le Mans, di mana Toyota menerjunkan mobil balap TS050 Hybrid.

Setelah enam tahun berlaga di ajang balap ketahanan, Toyota banyak mengambil pelajaran berharga yang menjadi bekal bagi pabrikan asal Jepang itu untuk melahirkan mobil performa tinggi seperti konsep hypercar GR Super Sport yang akan dipasarkan secara massal.

“Toyota telah memulai pengembangan mobil sport super baru, dengan memanfaatkan sistem elektrik canggih dan teknologi irit bahan bakar,” kata bos Gazoo Racing, Shigeki Tomoyama.

“Kami memulai proyek ini sebab kami yakin bahwa menciptakan mobil sport super yang memiliki kemampuan seperti TS050 Hybrid, dapat menunjang keterlibatan Toyota di ajang WEC (balap ketahanan),” imbuh Tomoyama.

Baca juga:  Shell Indonesia Tambah Lagi Outlet SPBU di Jawa Timur

Seperti mobil TS050 hybrid LMP1 yang akan membawa panji Toyota di Le Mans akhir pekan ini, GR Super Sport Concept mengusung mesin 2.4-liter twin-turbocharged V6 dan teknologi listrik hybrid bertenaga, yang mampu menghasilkan tenaga 1.000 hp.

Sepertinya, mobil sport super versi produksi akan menggunakan dapur pacu yang sama. Untuk modelnya, kemungkinan besar masih mengacu pada gaya desain GR Super Sport Concept.

Tomoyama mengatakan komitmen Toyota terhadap GR Super Sport mewakili keinginan raksasa otomotif ini untuk menghasilkan mobil sport yang memiliki daya tarik meski industri otomotif saat ini sudah beralih ke segmen mobil listrik dan hybrid dalam beberapa tahun ke depan.

“Tak peduli bagaimana teknologi elektronik dan digital akan terus mengubah tren otomotif dunia, kami akan terus menciptakan mobil yang tak hanya sebatas komoditas,” katanya.

GR Super Sport akan meluncur setelah kehadiran new Supra, yang kemungkinan debut akhir tahun ini atau awal 2019. Toyota juga mengonfirmasi bahwa new Supra akan tampil di Le Mans untuk kelas GTE setelah resmi melakukan debutnya. [dp/TGH]