Ferrari Siap Gantikan Raikkonen dengan Charles Leclerc


TURIN (DP) – Ferrari disebut-sebut siap menggusur posisi Kimi Raikkonen dari kursi balap tim Kuda Jingkark itu untuk digantikan dengan bintang muda, Charles Leclerc, untuk musim balap 2019.

Raikkonen, yang memasuki usia 39 tahun pada Oktober mendatang, telah mendapat perpanjangan kontrak setahun dengan tim Formula 1 asal Italia itu pada tahun lalu.

Sebelumnya, yaitu pada Desember 2017, Presiden Ferrari, Sergio Marchionne, mengatakan bahwa juara dunia F1 2007 asal Finlandia itu butuh konsistensi untuk bertahan dan kemungkinan musim 2018 adalah musim terakhir untuk menunjukkan performa terbaiknya.

Padahal Raikkonen sempat menunjukkan penampilan ciamik saat mengawali musim 2018, dengan merebut tiga kali podium dalam empat seri balapan pertama dan performa itu sempat disetarakan dengan level Sebastian Vettel ketimbang musim sebelumnya.

Tapi setelah itu Raikkonen finish di luar podium dalam dua balapan terakhir, yakni di Monaco dan Kanada, sedangkan rekan setimnya, Vettel, finish di posisi kedua dan pertama untuk merebut posisi pertama di klasemen pebalap.

Baca juga:  Apakah Mobil Listrik Bisa Semurah Mobil Biasa?

Autosport memahami Ferrari sempat mempertimbangkan untuk menggantikan Raikkonen dengan pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo, yang habis masa kontraknya pada akhir 2018.

Tapi bila jadi merekrut Ricciardo, biaya untuk gaji akan terlalu tinggi terutama jika digabungkan dengan biaya gaji Vettel saat ini.

Sekarang ada dua pilihan yang bisa diambil Ferrari, yaitu tetap mempertahankan Raikkonen yang menjadi juara dunia terakhir yang dihasilkan tim tersebut tapi gagal tampil apik sejak bergabung kembali pada 2014 silam. Sedangkan pilihan kedua yang lebih murah adalah Leclerc, yang menjadi rookie F1 bersama Sauber. Leclerc yang berusia 20 tahun, selalu meraih poin dalam tiga dari empat balapan terakhir.

Keputusan final sejauh ini belum diambil oleh Ferrari, tapi sepertinya tim tersebut sadar bahwa memilih Leclerc sebagai partner Vettel adalah pilihan yang pas, terutama untuk jangka panjang. [dp/TGH]