Juara GP Perancis, Hamilton Puncaki Klasemen Pebalap


LE CASTELLET (DP) – Juara bertahan Formula 1 Lewis Hamilton menjuarai Grand Prix Perancis, Minggu (24/6), dan sekaligus merebut kembali puncak klasemen dari pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang finis di urutan kelima setelah mengalami tabrakan pada lap pertama.

Ini merupakan kemenangan ke-65 sepanjang karier Hamilton di Formula 1, namun sebagai kemenangan perdana di Perancis, yang kembali masuk kalender Formula 1 setelah absen selama 10 tahun.

“Pekerjaan bagus teman-teman! Saya juga turut senang untuk Inggris,” ucapnya melalui radio tim, mengacu pada kemenangan 6-1 tim nasional Inggris atas Panama pada Piala Dunia di Rusia.

“Ini adalah Minggu yang indah semuanya,” serunya.

Hamilton, yang start dari posisi terdepan, kini unggul 14 poin atas Vettel setelah delapan seri dari 21 seri balapan musim ini. Pebalap Britania ini mengoleksi 145 poin, sedangkan Vettel mengumpulkan 131 poin.

Pebalap muda Belanda yang membela Red Bull, Max Verstappen, berhasil melewati “chequered flag” di urutan kedua, dan dikuntit oleh rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, untuk melengkapi podium.

Baca juga:  Asapi Vettel, Hamilton Rebut Pole Position di GP Brasil

Pebalap Australia dari tim Red Bull, Daniel Ricciardo finis di urutan keempat.

Hamilton belum pernah menang di Perancis, dan kemenangannya di Le Castellet ini, tepatnya di Sirkuit Paul Ricard yang terakhir kali menjadi tuan rumah Formula 1 pada 1990, mengukir rekor untuk kemenangan terbanyak di Grand Prix yang berbeda.

Ia berbagi rekor 22 kemenangan dengan juara dunia tujuh kali yang telah pensiun, Michael Schumacher. Ia juga memperpanjang rekor kemenangannya di sirkuit yang berbeda menjadi 26 kemenangan.

Dalam balapan kali ini terdapat drama pada awal balapan ketika Hamilton dan rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas menghuni baris terdepan, di mana Vettel berada tepat di belakang mereka.

Vettel dan Bottas bertubrukan ketika mereka berduel memperebutkan posisi, di mana pebalap Jerman itu mendapat penalti lima posisi karena memicu tabrakan kecelakaan.

Insiden itu membuat kedua pebalap kembali ke trek setelah pitstop, sedangkan safety car dimasukkan untuk empat lap dengan puing-puing mobil tersebar di seantero trek dari kecelakan-kecelakaan lain.

Baca juga:  Begini Cara Piaggio Indonesia Rangkul Konsumen di Surabaya

Dua dari tiga pebalap Perancis gagal meneruskan lomba, yakni pebalap Force India, Esteban Ocon, dan pebalap Toro Rosso, Pierre Gasly.

Vettel kembali ke pit untuk mendapatkan sayap depan yang baru, sedangkan Bottas kembali untuk mengganti tiga roda dan velg.

Pebalap Denmark Kevin Magnussen finis di urutan kelima untuk tim Haas, sedangkan Bottas berada di urutan ketujuh, dan Carlos Sainz di urutan kedelapan untuk Renault, setelah kehilangan dua posisi tiga lap dari akhir ketika mobilnya kehilangan tenaga.

Pebalap Renault, Nico Hulkenberg, menduduki urutan kesembilan, sedangkan pebalap rookie asal Monako, Charles Leclerc, finis di urutan kesepuluh bersama tim Sauber, dan menggagalkan pebalap Haas asal Perancis, Romain, mendapatkan poin pertamanya musim ini. [dp/TGH]