Kuasai 52% Pasar MDT, Hino Pasang Target Optimistis

Hino New Generation Ranger berhasil kuasai pangsa pasar segmen MDT sepanjang 2018.

JAKARTA (DP) – Salah satu andalan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) di segmen medium duty truck (MDT), New Generation Ranger, diklaim masih merajai di Indonesia. Sepanjang Januari – Mei 2018, angka penjualan yang berhasil dikumpulkan mencapai 9.192 unit.

Dari jumlah tersebut, Ranger naik signifikan dibandingkan periode yang sama tahun 2017, yaitu sebesar 52%. Sementara dengan pencapaian ini, Hino mampu menguasai pasar MDT di Tanah Air hingga 61%.

“Dengan pertumbuhan ini, perolehan pangsa pasar Ranger di segmen MDT mampu melampaui peningkatan total pasar nasional yang meraih angka 49%, atau terjual sebanyak 15.035 unit,” ucap Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

Penguasaan ‘mutlak’ Hino di pasar truk kategori tiga, lanjut Santiko, didukung oleh sejumlah faktor, di antaranya dorongan proyek infrastruktur dari pemerintah yang kian menggeliat, seperti jalan tol, pelabuhan dan bandara.

Baca juga:  Penjualan Hino Terus Menguat di Penghujung 2018

Dirinya mengakui, Hino sudah terlalu lama ‘tidur’ di tiga tahun belakangan (2013, 2014, 2015), dan di dua tahun terakhir (2016, 2017) mulai bangkit.

Dorongan harga batu bara yang mencapai rekor tertinggi dalam kurun waktu lima tahun terakhir, juga diklaim menjadi pemacunya. Terlebih lagi dengan adanya sektor ekspor ke negara China dan India menjadi salah satu faktor kenaikan penjualan Hino.

“Di segmen ini kami menargetkan mampu meraih angka 23.050 unit hingga penghujung 2018. Kita sudah meraih angka 40% dari target yang dicanangkan untuk MDT atau Hino Ranger,” tutup Santiko. [dp/MTH]