Astra Otoparts Siap Luncurkan Mobil Pedesaan Agustus | dapurpacu.id

Astra Otoparts Siap Luncurkan Mobil Pedesaan Agustus


JAKARTA (DP) – PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) ingin menunjukkan kemampuannya di luar produksi barang kecil berupa suku cadang dengan merilis traktor mini Wintor dua tahun lalu. Pada Agustus 2018 mendatang, mereka akan memperkenalkan kendaraan pedesaan bernama Alat Mekanisasi Multiguna Pedesaan (AMMDes).

Dua perusahaan sekaligus akan memegang kendali bisnis AMMDes. Pertama adalah PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia atau KMWI, yang bertugas merancang dan memproduksi. Kedua adalah PT Kiat Mahesa Wintor Distributor atau KMWD, yang berperan sebagai distributor pemasaran.

Perlu diketahui, KMWI dan KMWD adalah perusahaan anyar yang berdiri pada tahun ini. Merunut ke belakang pada keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), gagasan pembentukan kedua perusahaan sudah dipublikasikan sejak Maret 2018 dan realisasi pendiriannya bertahap.

Pada 31 Mei 2018, Astra Otoparts melalui anak usaha bernama PT Velasto Indonesia, membentuk KMWI dengan menggandeng PT Kiat Inovasi Indonesia. Pada tahap awal mereka berinvestasi di KMWI bernilai Rp44,3 miliar.

Sebulan berselang atau pada 11 Juni 2018, giliran KMWD berdiri. Pendirian perusahaan itu kembali melibatkan mitra bisnis sebelumnya, yakni Kiat Inovasi Indonesia dan KMWI. Sementara Astra Otoparts melaju lewat anak usaha yang bernama PT Ardendi Jaya Sentosa.

Manajemen Astra Otoparts melaporkan berdirinya KMWD kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 21 Juni 2018. Investasi awalnya sekitar Rp9,03 miliar.

“Upaya untuk membantu meningkatkan perekonomian pedesaan dengan mendistribusikan alat mekanis multiguna. Selain sebagai alat angkut bagi barang atau penumpang, juga dilengkapi dengan sistem mekanisasi kepentingan berbagai budidaya dan pengolahan pasca panen,” kata Direktur PT Astra Otoparts Tbk, Wanny Wijaya, di Jakarta, Senin (25/6). [dp/TGH]