Akankah Podium Catalunya Antarkan Pebalap Juara Dunia?

20,Fabio Quartararo,Beta Tools-Speed Up Racing,Speed Up,Honda,Moto2,KYT,Alpinestars,

CATALUNYA (DP) – MotoGP seri 7 yang telah berlangsung di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, ternyata menuai banyak mitos dan fakta. Pasalnya sejak beberapa tahun lalu peraih podium Catalunya selalu menjadi tiket untuk pebalap menjadi juara dunia.

Pada 2015, Jorge Lorenzo (MotoGP), Johann Zarco (Moto2) dan Danny Kent (Moto3) berhasil menjadi juara di sirkuit Barcelona. Di akhir musim mereka bertiga berhak atas titel juara dunia musim itu.

Hal serupa juga terjadi pada 2014, di mana Marc Marquez (MotoGP), Esteve Rabat (Moto2) dan Alex Marquez (Moto3) jadi juara pada seri Catalunya dan di akhir seri dinobatkan jadi juara dunia.

Di musim ini pemenang GP Catalunya adalah Jorge Lorenzo (MotoGP), yang kini memiliki poin 66 dengan 2 kali menang bersama tim Ducati, Berkat podium yang diraih itu, kini Lorenzo berada di posisi 7 klasemen. Sementara pada posisi puncak klasemen sementara diduduki Marc Marques dengan 115 poin.

Baca juga:  3 Motor Ini Resmi Pakai Livery Terbaru Movistar Yamaha MotoGP

Di ajang Moto2 muncul nama Fabio Quartararo, rider KYT Helmet ini sudah lama absen di atas podium sejak musim 2015, namun kali ini sejak lap 10 Quartararo mampu menguasai podium hingga finis. Podium satu membuat Quartararo berada di posisi 10, sementara posisi klasemen teratas diisi Fransesco Bagnala dengan poin 119.

Sedangkan di kelas Moto3, pebalap Leopard Racing, Enea Bastianini, sukses menjadi yang tercepat. Mengalami nasib yang sama, pebalap moto3 ini lama absen dari podium. Podium satu menjadikan Bastianini berada di posisi 4 dengan poin 68, posisi teratas diisi Marco Bezzecchi dengan poin 103.

Setengah musim sudah mereka jalankan, mitos atau fakta pebalaplah yang mungkin bisa menjawab bagaimana nasib mereka di akhir musim. Untuk menjadikan ini fakta Jorge Lorenzo (MotoGP), Johann Zarco (Moto2) dan Danny Kent (Moto3) harus bekerja keras dengan selisi poin dengan posisi teratas. [dp/ARB]