New Suzuki Jimny Sapa Publik Tanah Air Agustus?


DENPASAR (DP) – Di tengah hebohnya perhatian publik dunia atas kelahiran All-new Suzuki Jimny, para penggemar mini off-roader Tanah Air juga bertanya-tanya apakah model tersebut juga akan dimasukkan ke Indonesia?

Mewakili rasa penasaran masyarakat dan terutama para penyuka aktivitas off-road, Dapurpacu.id mencoba menanyakan langsung kepada 4W Marketing Head of Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel, di sela acara media test drive All-new Suzuki Ertiga di Bali, Kamis (28/6).

“Ada kemungkinan New Suzuki Jimny didatangkan ke Indonesia bersamaan dengan gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 2-12 Agustus mendatang,” ungkap Harold.

Tapi ia tak berani memastikan SUV mini berbentuk kotak itu akan dipajang di pameran otomotif bertaraf internasional tersebut. “Kehadiran New Suzuki Jimny (di GIIAS) masih tentatif. Nanti kita akan informasikan lagi,” katanya.

Bagi Anda penggemar petualangan, tampilan standar New Suzuki Jimny mungkin sudah cukup untuk memikat hati. Terlebih jika model imut ini sudah dilengkapi dengan peranti penunjang aktivitas petualangan di medan berat, tentu akan semakin oke.

Baca juga:  Marquez Juara Dunia MotoGP 2018

Setelah beredar gambar-gambar yang menampakkan beberapa Jimny 2018 tengah diparkir di sebuah pelabuhan di Jepang dan juga sedang dibawa dengan trailer, belym lama ini muncul gambar rekaan New Jimny.

Meski belum ada komponen dan aksesoris resmi dari Suzuki untuk mendongkrak penampilan New Suzuki Jimny makin perkasa, tapi gambar rekaan yang dirilis IAB ini bisa menjadi acuan bila Anda ingin mengubah tongkrongan mini off-roader ini.

Dengan tampilan anyar ini, Suzuki Jimny 2019 sudah menjelma sebagai mobil off-road tulen yang siap melibas segala medan berat, bahkan untuk ‘berenang’ sekali pun’.

Pada bagian depan, modifikasi off-road pada Suzuki Jimny ini meliputi penempatan bullbar, winch, dan pelat pelindung bodi bawah. Bagian kap mesin ditambahkan warna hitam dof, serasi dengan warna gril yang juga hitam.

Beralih ke bagian samping, kesan gagah tergambar dari penambahan body cladding dan tambahan stiker bermotif kembangan ban serta tulisan 4×4. Wheel arch cladding atau fender berukuran besar berkelir hitam, kian mengesankan mobil ini siap merambah medan berlumpur dan berbatu.

Baca juga:  Ini Ambisi Maruti Suzuki, Bikin 3 Juta Mobil Per Tahun

Dibandingkan dengan model standar, Jimny modifikasi ini lebih tinggi berkat pemakaian ban off-road BF Goodrich, yang membungkus velg alloy hitam. Bila Anda ingin melintasi sungai dan rawa-rawa, tak perlu khawatir, karena SUV imut ini sudah dilengkapi snorkel, kemudian ada rak di atap untuk membawa berbagai perlengakapan dan lampu untuk menambah penerangan di medan yang gelap.

Di Jepang, New Jimny ditawarkan dalam dua varian, yaitu bermesin bensin 660 cc dan mesin bensin 1.5 L. Kedua varian ini sama-sama dilengkapi fitur part-time four-wheel drive dengan low range transfer gear dan 3-link rigid axle suspension.

Pilihan transmisinya adalah 4-speed torque converter automatic dan manual 5 percepatan. Sedangkan untuk tipe Jimny Sierra 1.5 L akan ditawarkan dalam dua grade, dan untuk yang bermesin 660 cc akan ditawarkan dalam tiga grade.

New Suzuki Jimny akan debut di Jepang bulan depan dan diperkirakan akan segera dipasarkan tak lama setelah peluncuran tersebut. Sedangkan untuk pasar Eropa, kemungkinan meluncur pada akhir 2018.

Baca juga:  177 Bengkel Siaga Siap Kawal Konsumen Honda Saat Mudik

Meski memiliki tampilan retro, Suzuki menyematkan beragam fitur kekinian pada Jimny anyar ini, seperti lampu utama LED projector, automatic climate control, sistem hiburan layar sentuh, cruise control, spion yang bisa diatur secara elektrik, dan banyak lagi.

Sementara itu, dalam gelaran GIIAS 2018, sudah ada 37 brand otomotif yang menyatakan berpartisipasi. Seluruh brand itu merupakan campuran dari brand mobil, motor maupun kendaraan komersial.

Berikut merek-merek mobil dan kendaraan komersial yang akan dipajang di GIIAS 2018, meliputi Astra Isuzu, Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, FAW, Fuso, Hino, Honda dan Hyundai.

Selanjutnya adalah Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes Benz, Mini, Mitsubishi, Nissan, Porsche, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, UD Trucks, Volkswagen dan Wuling.

Sedangkan di kategori sepeda motor adalah Benelli, BMW Motorrad, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki dan Viar. [dp/TGH]