Marquez Cetak Pole Position di Assen


ASSEN (DP) – Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, akhirnya dapat meraih pole position pertamanya tahun ini setelah unggul hanya 0,041 detik dari jagoan tim LCR Honda, Cal Crutchlow, di kualifikasi terakhir di Sirkuit Assen, Belanda, Sabtu (30/6).

Meski memimpin dengan keunggulan 27 poin di puncak klasemen pebalap, tapi Marquez belum sekalipun mencatat pole position dalam tujuh seri yang sudah dihelat musim ini, atau puasa pole position terlama sejak 2009 di kelas 125cc.

Perjuangan pebalap Spanyol itu sebelum mengukir waktu tercepat dalam 15 menit terakhir kualifikasi, diwarnai persaingan sengit dengan pebalap Perancis yang membela tim Yamaha Tech3, Johann Zarco. Bahkan pebalap yang akan menunggang motor KTM musim depan itu sempat menjadi yang tercepat, sebelum akhirnya melorot ke posisi 8 di akhir kualifikasi.

Selain Crutchlow, ada dua pebalap lain yang mengukir waktu dengan selisih sangat tipis dengan Marquez, yakni andalan Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan jagoan Ducati, Andrea Dovizioso, yang sama-sama hanya berselisih di kisaran 0,079 detik. Rossi dan Crutchlow akan menemani Marquez di barisan depan saat start yang akan digelar Minggu (1/7).

Baca juga:  Marquez Fokus Juara Dunia Ketimbang Cuma Menang di Sachsenring

Rekan setim Rossi, Maverick Vinales akan bergabung dengan Dovizioso dan pebalap Suzuki, Alex Rins, di barisan kedua.

Rins bahkan sempat mencatat waktu terbaik saat menggunakan ban keras di belakang pada kualifikasi pertama, sebelum akhirnya beralih ke ban lunak pada akhir kualifikasi, sama dengan yang dilakukan para rivalnya.

Barisan ketiga akan diisi oleh pebalap Aprilia, Aleix Espargaro, dan rekan setim Rins di Suzuki, Andrea Iannone, serta Zarco.

Jorge Lorenzo harus berjuang keras jika ingin mencetak kemenangan ketiganya berturut-turut, karena ia terpaut 0,376 detik dari pole, sehingga akan start dari posisi 10. Pemacu Ducati lainnya, yaitu Danilo Petrucci dan Alvaro Bautista, akan mendampingi Lorenzo di barisan ketiga.

Dua pebalap rookie, Takaaki Nakagami dan Hafizh Syahrin, tampil lumayan bagus di kualifikasi pertama dengan masing-masing menghuni posisi ke-13 dan 15, tapi sayang pebalap rookie lainnya, Franco Morbidelli, terjatuh dan mengalami patah tangan sehingga absen di Grand Prix Belanda ini. [dp/TGH]