JAKARTA (DP) – Penjualan Daihatsu Terios pada periode Januari – Juni 2018, naik hampir dua kali dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Namun, beum berhasil menyusul tiga produk PT Astra Daihatsu Motor (ADM) lainnya, Sigra, Gran Max Pick Up dan Xenia.
Pada periode Januari – Juni 2018 ini, penjualan retail Daihatsu mencapai 95.300 unit. Angka ini naik 6,98 persen dan wholesales mencapai 94.929 unit, atau naik tipis dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
“Kami berhasil melewati pertengahan tahun 2018 ini dengan pencapaian yang positif,” kataAmelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor(ADM) dalam siaran pers yang diterima dapurpacu.id, Kamis, (12/7).
Amel menyebutkan, penjualan per-model Daihatsu sepanjang tahun ini masih didominasi tiga produk, yaitu Astra Daihatsu Sigra, Gran Max Pick Up (GM PU), dan Daihatsu Xenia. Sementara, Daihatsu Terios , tambahnya naik secara signifikan hampir 2 kali dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.
Dari data retail sales, Sigra terjual 24.053 unit atau 25 persen berkontribusi pada total penjualan Daihatsu, disusul Gran Max Pick Up (PU) sebanyak 19.213 unit (20persen), dan Xenia sebesar16.427unit (17persen).
Terios mencapai 13.470 unit (14 persen), kemudian Ayla 12.047 unit (13persen), dan Gran Max Mini Bus (MB) 7.377 unit (8persen). Sementara untuk Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen, berkontribusi total sebesar 2.713unit (3 persen).
Melihat wholesalesnya, Sigra tetap berada di posisi puncak dengan raihan 24.338 unit atau 26 persen, disusul Gran Max Pick Up (PU) sebesar19.902 unit(21persen), dan ketiga adalah Xenia sebanyak 15.164 unit(16persen).
Disusul kemudian, Daihatsu Ayla menyumbang 13.376 unit (14persen), Daihatsu Terios 12.585 unit (13persen), dan Gran Max (MB) 6.990 unit (7 persen). Sedangkan Daihatsu Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen berkontribusi total sebesar 2.574 unit (3 persen). [dp]