Tahun Sulit, Honda Prospect Motor Masih Mampu 'Survive' | dapurpacu.id

Tahun Sulit, Honda Prospect Motor Masih Mampu ‘Survive’


JAKARTA (DP) – Nampaknya, Honda Prospect Motor (HPM) berangsur-angsur memperbaiki performa penjualan lini produk yang dipasarkan. Terutama yang masuk dalam ‘daftar’ sebagai model unggulan. Setidaknya, Honda berhasil mengecap hasil positif hingga tutup semester pertama tahun ini.

Secara total, Honda menutup periode Januari – Juni lalu dengan pencapaian penjualan sebanyak 76.694 unit, dan harus puas menempati urutan keempat tangga industri otomotif nasional sementara tahun ini.

Sejatinya, di dua tahun terakhir (2016-2017) ini, posisi Honda sempat berada di urutan kedua di bawah Toyota sebagai pemuncak. Posisi Honda kali ini disinyalir dari faktor Lebaran dan liburan pada Juni lalu.

Kondisi serupa juga dirasakan seluruh agen pemegang merek, yang dapat dikatakan mengalami penurunan penjualan di bulan tersebut.

Kembali ke Honda, terhitung selama enam bulan lalu, kontribusi terbesar penjualannya dihasilkan dari tiga produk ini. Brio, HR-V, serta low MPV andalannya Mobilio.

Baca juga:  Gandeng E-Commerce, Honda Tawarkan Program Menarik

Brio Satya menjadi model dengan penjualan tertinggi di paruh pertama tahun ini, dengan total pencapaian 23.475 unit atau 30% dari total penjualan Honda.

Meskipun segmen LCGC secara total mengalami penurunan sebesar 5%, namun penjualan Brio Satya naik 22% dibanding periode yang sama tahun lalu. Bahkan mobil ini mampu mengambil 20% pangsa pasar di segmen LCGC.

Sementara itu, Brio RS mencatat penjualan sebanyak 5.887 unit atau naik 11% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Kontribusi HR-V juga terbilang mumpuni sepanjang semester pertama lalu, yang terjual sebanyak 15.339 unit. Diikuti Mobilio yang menyumbangkan penjualan sebanyak 11.718, atau meraih pangsa pasar sebesar 9% di segmen LMPV.

Disusul Honda Jazz dengan perolehan 5.930 unit, CR-V meraih penjualan 5.360 unit, serta HR-V 1.8L yang terjual 2.818 unit. Selain itu, BR-V terjual 3.021 unit, diikuti oleh Civic Hatchback yang terjual 1.390 unit.

Baca juga:  Honda Bekali Ilmu Jurnalistik Bagi Komunitas

Sementara di kategori Sedan, selama Januari – Juni 2018, Civic mampu terjual sebanyak 1.017 unit. Model lainnya yakni Honda City berhasil terjual 487 unit.. Sedangkan Honda Accord di segmen Medium Sedan terjual sebanyak 100.

Produk lainnya yang juga berkontribusi adalah Honda Odyssey sebanyak 131 unit dan Civic Type R sebanyak 21 unit.

Melihat hal tersebut, Marketing and After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy mengatakan meskipun pasar di semester pertama tahun ini cukup keras, Honda masih dapat mencapai pertumbuhan positif terutama di beberapa segmen seperti LCGC, City Car dan SUV.

“Kami optimis dapat mempertahankan tren positif ini di paruh kedua dengan didukung penyegaran produk serta program penjualan dan purna jual yang akan memberikan nilai lebih bagi konsumen,” tutup Jonfis. [dp/MTH]