Luar Biasa! Ultah ke-80, 25 Unit Opel Kapitan Masih ‘Ngacir’


RUSSELSHEIM (DP) – Menengok ke 1938, atau setahun sebelum Perang Dunia, industri otomotif Jerman yang didukung Adolf Hitler tengah mengalami masa keemasan, yang juga dirasakan oleh Opel, sebagai salah satu produsen mobil tertua di dunia.

Pada akhir dasawarsa itu, yakni di era 1930-an, Opel cukup percaya diri untuk meluncurkan beberapa model kendaraan, termasuk satu model untuk mengisi celah antara model populer Kadett dan model kelas atas Admiral, model tersebut diberi nama Kapitan.

Model yang memiliki bodi keseluruhannya baja ini ditawarkan dalam dua varian limosin dua pintu dan empat pintu serta model convertible empat tempat duduk. Opel Kapitan menggunakan mesin 2.5 liter, 6 silinder segaris yang menghasilkan tenaga 55 hp.

Kapitan dengan cepat merebut hati banyak konsumen ketika itu. Kecuali di masa Perang Dunia berkecamuk, Opel terus memproduksi Kapitan hingga 1970.

Enam tahun sebelum produksi dihentikan, Kapitan membentuk basis tiga jajaran model kendaraan Opel yang mengalami pembaruan, yang dikenal sebagai KAD: Kapitan, Admiral dan Diplomat.

Pada 2018 ini, Opel yang kini dimiliki PSA (Peugeot), merayakan ulang tahun ke-80 untuk Kapitan. Pada akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu (14/7), bertempat di markas Opel di Rüsselsheim, terdapat 25 model Kapitan yang masih dalam kondisi baik, berkumpul bersama untuk melakukan tur untuk merayakan ulang tahun.

Rombongan Kapitan sepuh itu berangkat dari Rüsselsheim menuju Darmstadt-Kranichstein Railway Museum diantarkan oleh tiga model anyar Opel, yaitu Insignia.

“Opel telah menghadirkan mobil-mobil canggih, nyaman dan bertenaga serta berharga terjangkau melalui model-model populer dan sukses, yakni Kapitän,” kata Opel dalam pernyataan resminya, seperti dilansir Autoevolution.

“Prinsip-prinsip itu masih terus diterapkan di Rüsselsheim hingga saat ini. Pada era 1950-an dan 1960-an, Kapitän mengambil peran sebagai model flagship; dan saat ini peran itu dipegang oleh Opel Insignia.”

Selamat ulang tahun Opel Kapitän! [dp/TGH]