Penyisiran Sisi Luar Pulau Jawa Para Pemilik ‘Jip’ Mercy


JAKARTA (DP) – Bagaimana pun, kegiatan turing menjadi sebuah ajang ‘wajib’ bagi komunitas otomotif, baik itu roda empat maupun roda dua. Hal inilah yang coba dilakoni para pemilik dan penggemar mobil ‘berparas’ sport utility vehicle (SUV) di Indonesia.

Turing bertajuk ‘Jasa Raharja Ring of Java x Country (ROJ Cross Country)’, ini bakal dilakukan oleh Peter Anugrah bersama dengan rekan-rekannya menggunakan SUV Mercedes-Benz dari berbagai tahun. Bahkan beberapa diantaranya merupakan versi limited edition.

Sesuatu yang berbeda coba dilakukan Peter sebagai Ketua Acara Jasa Raharja ROJ. Dimana rombongan nantinya bakal menyusuri pesisir pantai sepanjang Pulau Jawa. Petualangan seru nan menantang pun dijanjikan oleh Peter.

Adapun tujuan utama dari kegiatan ini yaitu tidak hanya sekadar turing, tapi juga mengeksplorasi keragaman budaya dan menikmati rangkaian pariwisata alam, heritage, serta keragaman kuliner yang tersedia sepanjang sisi luar Pulau Jawa.

Baca juga:  Kapan Daihatsu Lahirkan Ayla Generasi Baru? Ini Jawabannya

Disisi lain, petualangan ini juga sekaligus sebagai ajang uji ketangguhan kendaraan dengan beragam medan permukaan jalan, elevasi, serta kondisi cuaca yang nantinya bakal dihadapi sepanjang perjalanan. Belasan peserta dengan tunggangan yang didominasi ‘jip’ Mercy tersebut akan berpartisipasi.

“Turing ini menjadi perjalanan menantang dengan menyisir pantai di Pulau Jawa. Mayoritas peserta dari kegiatan ini menggunakan SUV Mercedes-Benz. Kami juga mendapat dukungan dari PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dengan hadirnya Mercedes-Benz GLS,” ujar Peter, dalam siaran resminya, Minggu (22/7).

Perjalanan telah dimulai pada Jumat (20/7) lalu dan dijadwalkan berakhir pada 29 Juli 2018, dan akan menempuh jarak sejauh 3.500 km. Rencananya rombongan akan melakoni dua sesi rute, yaitu Pantai Utara Jawa dan jalur Pantai Selatan.

Adapun rutenya meliputi Jakarta-Semarang, Semarang-Surabaya dan Surabaya-Banyuwangi untuk jalur Pantura. Sedangkan jalur Pantai Selatan akan melalui Banyuwangi-Malang, Malang-Yogyakarta, Yogyakarta-Pangandaran, Pangandaran-Ujung Genteng, Ujung Genteng-Ujung Kulon, dan Ujung Kulon-Jakarta.

Baca juga:  Sstt...Nissan Z Generasi Anyar Benar-benar akan Lahir

“Perjalanan ini akan ditempuh selama 10 hari. Kami juga akan melakukan kegiatan sosial yang rencananya akan dilakukan di Yogyakarta. Dalam kegiatan sosial ini kami bekerja sama dengan PT Jasa Raharja, sebagai salah satu sponsor ROJ,” jelas Peter lebih lanjut.

Tidak hanya menyusuri pesisir pantai di Pulau Jawa, rombongan juga bakal mengunjungi beberapa Taman Nasional yang terdapat di Pulau Jawa. Seperti Alas Purwo, Baluran, Meru Betiri, dan Ujung Kulon.

Beberapa kegiatan menarik lainnya adalah menghadiri Pameran Peranakan Tionghoa di Kota Semarang. Pameran yang berlangsung di Contemperary Art Gallery ini menceritakan kehidupan peranakan Tionghoa di Indonesia.

Selain itu, saat berada di Banyuwangi, rombongan rencananya juga akan mengunjungi penangkaran penyu. Peter mengklaim bahwa perjalanan nonstop menelusuri sisi luar Pulau Jawa ini merupakan yang pertama dilakukan komunitas mobil di Indonesia.

“Boleh dikatakan kami menjadi pelopor dalam perjalanan mengelilingi pesisir Pantai Jawa. Sebuah perjalanan yang kami harapkan dapat bermanfaat tidak hanya bagi peserta, tetapi juga masyarakat luas, khususnya pecinta otomotif di Tanah Air,” tutup Peter. [dp/MTH]