Toyota Sumbang Ide Atasi Kemacetan di India | dapurpacu.id

Toyota Sumbang Ide Atasi Kemacetan di India


BANGALORE (DP) – Toyota tak melulu jualan mobil, tapi juga ‘jualan’ gagasan kepada dunia untuk memperlancar mobilitas manusia, salah satunya dengan menemukan cara untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.

Melalui Toyota Mobility Foundation (TMF) bersama World Resources Institute (WRI), kedua lembaga nirlaba ini menggagas sebuah proyek untuk meluncurkan kendaraan roda dua atau empat dengan sistem sewa. Selain itu juga solusi berupa ride sharing (layaknya taksi atau ojek online) guna mengatasi kemacetan di area enam stasiun metro di Bengaluru, India.

Masing-masing dari enam stasiun metro itu akan dikarakterisasi berdasarkan tipologi berdasarkan pada penggunaan lahan dan pembangunan di sekitar area stasiun.

Kendaraan yang ditawarkan mencakup skuter listrik dengan fitur keyless entry, sepeda listrik dan kendaraan transit mikro untuk ride sharing, dengan model bisnis berbeda. Semua itu ditawarkan untuk memahami lebih baik apa yang diinginkan masyarakat.

Setelah satu tahun proyek ini dijalankan, berbagai temuan dari enam stasiun tersebut akan dikaji dan dibahas bersama pemerintah setempat dan para pemangku kepentingan lainnya, kata Toyota dalam pernyataan resminya.

Proyek ini sendiri merupakan kelanjutan dari Station Access and Mobility Program (STAMP) yang juga digagas TMF dan WRI, mulai Desember 2016 hingga 2017, untuk memfasilitasi solusi konektivitas kualitas tinggi melalui sebuah platform yang mengidentifikasi teknologi inovatif dan model bisnis untuk mobilitas publik.

TMF bersama WRI juga telah memperpanjang proyek STAMP di sejumlah kota di India selama tiga tahun dengan kota berikutnya adalah Hyderabad sebagai lokasi untuk solusi konektivitas.

“Melalui solusi-solusi ini kami berharap mendapatkan pengalaman mobilitas yang lancar dan terintegrasi bagi konsumen dengan memadukan gagasan membangun mass rapid transit oleh pemerintah India,” kata TMF.

Toyota Mobility Foundation sendiri didirikan pada Agustus 2014 untuk mendukung pembangunan masyarakat yang lebih mobile melalui dukungan sistem mobilitas seraya mengikis disparitas dalam hal mobilitas publik.

Memanfaatkan keahlian Toyota dalam hal teknologi, keselamatan dan lingkungan, TMF bekerja dengan menjalin kemitraan dengan berbagai universitas, pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, lembaga riset dan organisasi lainnya untuk mengatasi isu mobilitas di seluruh dunia. [dp/TGH]