Kompetisi Adu Irit Truk Ala Volvo Truck Indonesia


SENTUL (DP) – Volvo Trucks Indonesia bakal mengutus salah satu dari delapan finalis pengemudi truk terbaik menuju Swedia. Lewat kompetisi Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018, perwakilan dari Indonesia ini kelak bakal menghadapi lawan tangguh para pengemudi truk lain di dunia.

Delapan finalis ini saling beradu trik dan kelihaiannya berkendara guna menuntaskan ‘misi’ transportasi di lebih dari lima pos pemeriksaan, dan harus ditempuh dalam waktu 45 menit pada Kamis (26/7) nanti.

Mereka harus memilih salah satu dari tiga truk Volvo yang telah disiapkan yaitu Volvo FH, Volvo FM dan Volvo FMX di jalur on road dan off road sepanjang 7 km dengan menggunakan bahan bakar seminim mungkin.

Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras ternyata menyusupkan konsep baru kompetisi ini untuk menggantikan Volvo Trucks Fuelwatch Competition yang diadakan di tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga:  Empat Sport Honda ‘Tantang’ Konsumen Cibubur

Dengan tema ‘The Driver Makes The Difference’, Managing Director Volvo Trucks Indonesia, Jurn Terpstra berharap para finalis ini mampu menerjemahkan pentingnya mengemudi yang efisien.

Disisi lain Jurn mengakui mengemudi kendaraan berat memang membutuhkan keterampilan khusus, tetapi mengemudi dengan efisien adalah sebuah bentuk seni. Sebab, teknik mengemudi yang efisien akan berdampak langsung pada keuntungan mereka.

“Volvo Trucks Driver Challenge menjadikan para pengemudi ini sebagai fokus khusus dan menguatkan kembali pentingnya pengemudi yang terampil dan kompeten,” ucap Jurn, di sela-sela peluncuran kompetisi yang berlangsung di Sentul, Bogor, Selasa (24/7).

Kompetisi tahun ini terbukti menjadi ajang yang paling luas dan paling menantang. Para finalis akan diuji keterampilannya menghasilkan bahan bakar yang irit, aman, dan mampu bermanuver.

Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (INDOMOBIL Group), distributor tunggal Volvo Trucks di Indonesia, menjelaskan sekitar 80 pengemudi dari seluruh Indonesia telah berpartisipasi dalam kualifikasi nasional.

Baca juga:  Nama Mirip Sate, Tapi Porsche Taycan Ngebut Tanpa Asap

Hanya 8 finalis teratas yang akan bersaing guna memenangkan tiket mewakili Indonesia di Final Dunia di negeri asal Volvo Trucks di Gothenburg, Swedia, 13 – 14 September mendatang.

“Pemenang dari Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018 akan menjadi pengemudi dengan skor gabungan tertinggi dari kedua stasiun pengemudian on-road dan off-road. Poin akan diberikan berdasarkan kriteria efisiensi bahan bakar, kemampuan manuver dan keamanan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan,” kata Bambang.

Bambang yakin keterampilan ini lebih praktis dan relevan dengan pekerjaan sehari-hari pengemudi. Dia pun memberikan kiat agar bisa memenangkan kompetisi ini, yaitu mengemudi dengan cara yang sangat terencana, dan hemat bahan bakar.

“Kami benar-benar ingin merayakan peran pengemudi dengan mengapresiasi mereka yang telah menjadikan keterampilan mengemudi yang efektif menjadi efisien,” pungkas Jurn. [dp/MTH]