Menyimak Cara Toyota Muliakan Peserta Olimpiade Tokyo 2020 (1)

TOKYO (DP) – Dengan waktu tersisa sekitar dua tahun lagi menuju perhelatan akbar Olimpiade dan Paralympic Tokyo 2020, Toyota juga ikut sibuk menyiapkan konsep mobilitas untuk menunjang berbagai aktivitas para atlet, ofisial dan awak media dari berbagai negara yang terlibat dalam pesta olahraga terbesar sejagat itu.

Ada tiga pilar utama yang tengah disiapkan Toyota untuk mendukung suksesnya Olimpiade Tokyo 2020, yakni 1. Mobility for all (mobilitas bagi semua); 2. Sustainability (berkelanjutan), yang fokus pada realisasi terbentuknya masyarakat hidrogen, dengan mengacu pada prinsip-prinsip lingkungan dan keselamatan; dan 3. Dukungan transportasi bagi staf, media dan atlet untuk mengunjungi berbagai venue dengan menggunakan sistem berbasis Toyota Production System (TPS).

Untuk mengetahui lebih jauh tiga pilar utama yang dibangun Toyota untuk mendukung Olimpiade Tokyo 2020, kita akan membahas soal pilar pertama dulu.

Mobility for All

Toyota merasa tertantang untuk menyediakan sistem transportasi yang membuat siapa saja bebas bergerak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, selama berpartisipasi atau menyaksikan pesta olahraga Olimpiade Tokyo 2020.

Yang akan dilakukan Toyota melalui pilar pertama ini antara lain:

Memperkenalkan masa depan pengemudian kendaraan otomatis, seraya mendemonstrasikan bagaimana kendaraan terotomatisasi dapat memberikan kebebasan bergerak bagi siapa saja sesuai prinsip ‘Mobility for all’.

Kemudian, Toyota akan melakukan verifikasi pengujian dan demonstrasi dengan menggunakan otomasi SAE Level 4, di mana seluruh fungsi pengemudian ditampilkan oleh kendaraan di beberapa area tertentu, yang akan dihelat di Toyota Water Front City dan beberapa area di Bandara Haneda di Tokyo.

Selanjutnya, Toyota memperkenalkan sebuah pengalaman bergerak yang baru melalui demonstrasi pemakaian TOYOTA Concept-i, sebuah mobil yang mampu mengenali emosi pengemudinya, termasuk apa yang biasa dilakukannya, untuk kemudian melakukan komunikasi menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Tak hanya itu, Toyota juga mendukung layanan transportasi bagi atlet dan para ofisial di seputaran area perkampungan atlet dengan menggunakan e-Palette, kendaraan listrik generasi baru yang dirancang untuk Mobility as a Service (MaaS).

Berikutnya adalah memberikan dukungan kendaraan untuk membantu mereka yang berkebutuhan khusus berupa WelCab, yakni kendaraan yang dilengkapi dengan kursi roda, dan juga perangkat mobilitas personal baru serta mendukung kebutuhan mobilitas lainnya. Toyota juga berharap JPN Taxi, yang diperkenalkan pada Oktober 2017, akan populer di sekitaran Tokyo untuk menyambut para tamu dari seluruh dunia, termasuk mereka yang menggunakan kursi roda.

Langkah selanjutnya adalah memberikan solusi mobilitas personal, seperti menggunakan Toyota i-ROAD, atau alat mobilitas lain semacam Segway, untuk mendukung kerja para staf selama olimpiade, seperti para petugas keamanan dan lainnya. [dp/TGH]

Previous articleToyota Hadirkan Kendaraan Konsep Masa Depan di GIIAS 2018
Next articleMenyimak Cara Toyota Muliakan Peserta Olimpiade Tokyo 2020 (2)