Mulai Dipasarkan di Jepang, Ini Keunggulan Honda Clarity PHEV


JAKARTA (DP) – Honda Motor Co., Ltd resmi memasarkan Clarity PHEV mulai bulan ini, tepatnya 20 Juli lalu, di seluruh diler Honda di Jepang. Target ‘pede’ pun terkuak, sedan hybrid tersebut diklaim mampu terjual sebanyak 1.000 unit, berkat teknologi Plug-in Hybrid yang disematkan pada dapurpacunya.

Dengan teknologi terbaru ini, Honda ingin memadukan nuansa ramah lingkungan dengan fitur canggih dari sebuah sedan papan atas. Mulai dari performa mobil listrik yang bertenaga, kabin lapang berkapasitas 5 penumpang dan ruang bagasi yang luas.

Selain itu, Honda menyusupkan tiga mode berkendara diantaranya EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive, yang dapat dipilih sesuai dengan status baterai dan kondisi jalan.

Honda Clarity PHEV diklaim menjadi mobil Honda pertama yang memadukan mesin 1.5L Atkinson-cycle DOHC i-VTEC dengan teknologi i-MMD Plug-in. Kolaborasi ini menghasilkan tenaga sebesar 184 PS dengan torsi maksimal 315 Nm.

Saat berkendara menggunakan EV Mode, dihasilkan jarak tempuh sejauh hingga 114,6 km. Tak hanya itu, penyempurnaan pada efisiensi termal dan pengurangan emisi pada mesin, menghasilkan efisiensi termal maksimal 40,5% dan menjadi yang tertinggi dikelasnya.

Didukung Intelligent Power Unit (IPU) dengan baterai berkapasitas 17.0 kWh yang ditempatkan pada bagian bawah lantai mobil. Sebuah DC converter berkapasitas 12 volt juga ditempatkan di bagian tengah mobil, sedangkan tangki bensin ditempatkan dibawah bagasi untuk menciptakan kabin yang lapang.

Dengan mengadopsi metode water-cooling, proses pendinginan baterai menjadi lebih efisien, sedangkan layout yang minimalis mendukung ukuran baterai lebih kecil dengan durabilitas lebih tinggi.

Untuk pengisian daya tersedia dua soket baik untuk pengisian normal maupun fast-charging, yang mampu mencapai status pengisian 80% dalam waktu 30 menit.

Saat melakukan fast-charging, mesin dapat tetap dinyalakan dengan kondisi pendingin udara, sistem audio dan pemanas kursi yang juga menyala. Sehingga penumpang tetap nyaman di dalam kendaraan saat melakukan pengisian daya.

Honda Clarity PHEV menawarkan enam warna pilihan diantaranya Cobalt Blue Pearl, Premium Deep Rosso Pearl, Platinum White Pearl, Super Platinum Metallic, Modern Steel Metallic dan Crystal Black Pearl.

Sedangkan untuk bagian interior, Honda Clarity PHEV menawarkan 2 varian warna, yakni White Ivory dan Black. Mobil ini dijual dengan harga mulai 5.880.600 Yen atau sekitar Rp 700 jutaan.

Pada tahun 2030 mendatang, Honda menargetkan dua pertiga dari penjualan globalnya berasal dari mobil listrik. Oleh karena itu, Honda terus melakukan pengembangan teknologi mobil listrik yang diwujudkan melalui Clarity PHEV.

Sejalan dengan dimulainya penjualan sedan ini, Honda telah mendirikan fasilitas pengisian daya di dealer-dealer Honda yang tersebar di Jepang. Honda juga menawarkan layanan Honda Charging Service dengan menyediakan 20.800 charger yang berada dalam jaringan listrik PT Nippon Charge Service (NCS) untuk konsumen Honda.

Untuk memudahkan pengendara mencari tempat pengisian daya, mobil ini telah dilengkapi fitur Honda InterNavi yang membantu mengarahkan pengendara ke lokasi pengisian daya terdekat. [dp/MTH]