Pandangan Buram? Coba Tes Mata dengan Cara Sederhana Ini | dapurpacu.id

Pandangan Buram? Coba Tes Mata dengan Cara Sederhana Ini


LONDON (DP) – Pandangan yang baik menjadi faktor sangat penting dalam mengemudi yang aman. Dan bila Anda berpikir pandangan mulai kurang jelas, sebaiknya segeralah memeriksakan kesehatan mata Anda. Dan sebaiknya, pemeriksaan mata dilakukan secara rutin, terutama bila Anda rutin mengendarai mobil.

Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan Driver and Vehicle License Agency (DVLA) Inggris, ditemukan pentingnya memeriksakan mata secara reguler, khususnya bagi mereka yang banyak berada di balik kemudi kendaraan.

Tapi bila Anda tak sempat memeriksakan mata ke dokter, sebenarnya ada satu cara mudah untuk menguji pandangan mata Anda sambil mengemudi. Bagaimana caranya?

Caranya mudah, yaitu cukup melihat nomor pada plat nomor kendaraan di depan Anda dalam jarak sekitar 20 meter. Jika sulit untuk melihat nomor kendaraan pada saat mobil bergerak, coba untuk menghentikan mobil dan berhenti di belakang mobil lain dengan jarak yang disebutkan tadi.

Bagi Anda di Tanah Air mungkin lebih beruntung jika dibandingkan dengan para pengemudi di luar negeri, khususnya Inggris, karena di negerinya Ratu Elizabeth itu, DVLA bahkan bisa mengusulkan pencabutan SIM pengemudi yang kemampuan melihatnya mulai menurun dan tak sesuai standar kesehatan yang diterapkan.

Dr. Wyn Parry, dokter senior DVLA, seperti dikutip The Sun, mengatakan seluruh pengemudi di Inggris harus rutin memeriksakan mata mereka, baik melalui pemeriksaan oleh ahli mata atau juga melakukan tes sederhana dengan melihat plat nomor kendaraan di depan.

Untuk pengujian sederhana punya keuntungan, yakni cepat dan murah. Yang jelas, jika ingin melakukan pengujian secara sederhana tadi, sering-seringlah dilakukan untuk mengetahui apakah pandangan Anda mulai menurun atau tidak.

“Tes dengan melihat nomor pada plat nomor adalah cara yang sederhana dan efektif untuk mengetahui pandangan para pengemudi sudah memenuhi standar yang ditetapkan untuk dapat mengemudi,” katanya.

Memiliki pandangan yang jelas sangat esensial untuk mengemudi dengan aman, sehingga dapat membantu menurunkan angka kecelakaan. [dp/TGH]